3 Tanda Anda Menjadi Seorang yang Aseksual - Male Indonesia
3 Tanda Anda Menjadi Seorang yang Aseksual
MALE ID | Sex & Health

Aseksualitas masih kurang dipahami oleh banyak orang. Sampai baru-baru ini, banyak orang beranggapan bahwa setiap orang tertarik secara seksual kepada seseorang atau orang lain. Namun pada kenyataannya, beberapa orang tidak mengalami ketertarikan seksual. Inilah yang harus Anda pahami tentang menjadi aseksual.

Photo by Simon Rae on Unsplash

Menurut LGBTQ Task Force Nastional, aseksual sebagai orientasi seksual di mana seseorang mengalami sedikit atau tidak ada daya tarik seksual kepada siapa pun dan/atau tidak keinginan pengalaman bagi kontak seksual.

Namun, orang yang berbeda mendefinisikannya secara berbeda untuk diri mereka sendiri. Bagi sebagian orang, ini lebih tentang kurangnya hasrat seksual, sementara untuk yang lain, itu hanya kurangnya keinginan untuk siapa pun. Dan sementara beberapa merasa netral tentang aktivitas seksual, yang lain tertunda oleh gagasan itu.

Aseksual ada pada spektrum yang berkisar dari "tidak ada minat atau perasaan seksual sama sekali" hingga "mungkin berhubungan seks dalam keadaan yang sangat spesifik," jelas staf seksolog Good Vibrations, Carol Queen, Ph.D. seperti dikutip dari Mind Body Green.

Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman mengatakan bahwa mereka berada dalam spektrum aseksual daripada mengklasifikasikan diri mereka sebagai aseksual karena meninggalkan ruang gerak untuk berbagai gradasi identitas.

Spektrum terkait ini terlihat pada aromantik, pantomantik, dan lain sebagainya. Seseorang yang aromantik adalah seseorang yang tidak tertarik pada hubungan romantis, meskipun mereka mungkin masih tertarik pada hubungan seksual. 

Sedangkan orang panromantik, di sisi lain, terbuka untuk hubungan romantis dengan jenis kelamin apa pun, meskipun mereka mungkin atau tidak mengalami ketertarikan seksual.

Kemudian ada demiseksual, di mana menurut Cyndi Darnell, seorang terapis seks, demiseksual atau demisual ini masih mengalami ketertarikan seksual tetapi dengan cara yang memusatkan emosi daripada nafsu. Seringkali, orang-orang yang demiseksual tidak merasa tertarik secara seksual kepada seseorang sampai mereka mengenal orang lain.  

Lebih jauh, beberapa orang menggunakan istilah "graysexual" untuk menyebut berada di suatu tempat di antara aseksual dan seksual. "Jika Anda orang yang bereksperimen, Anda terkadang merasakan ketertarikan seksual tetapi tidak selalu," kata Queen.

Tanda Seseorang Menjadi Aseksual
Tidak benar-benar jelas apa yang membuat seseorang menjadi heteroseksual. "Orang tidak tahu apa yang membuat seseorang menjadi aseksual," kata Darnell. 

Beberapa orang merasa bahwa mereka selalu seperti itu, sementara yang lain mungkin menjadi aseksual karena mereka merasa bahwa konvensi masyarakat tentang bagaimana orang berhubungan seks tidak bekerja untuk mereka. 

Beberapa anak muda mungkin mulai mengidentifikasikan sebagai aseksual setelah berhubungan seks dan menyadari bahwa mereka tidak menikmatinya. "Tetapi sangat sering, jika seseorang 'keluar' sebagai aseksual, itu pada dasarnya mengakui apa yang telah mereka rasakan selama ini," kata Queen. 

Menurut Queen, ada tiga tanda seseorang  kemudian menjadi aseksual.

1. Anda Tidak Berhubungan Seksual dengan Orang Lain
Orang aseksual sering merasa terasing ketika orang-orang di sekitar mereka berbicara tentang keinginan mereka untuk seks atau perasaan ketertarikan seksual. "Mereka benar-benar tidak mengerti mengapa orang-orang di sekitar mereka tampak sangat termotivasi oleh seks."

2. Tidak Terangsang
Beberapa orang aseksual benar-benar mengalami hasrat seksual dan bahkan masturbasi. Tetapi kebanyakan orang aseksual tidak akan terangsang dalam menanggapi orang lain. Anda mungkin tidak pernah memiliki banyak minat dalam melakukan aktivitas seksual, atau Anda mungkin mencoba untuk berhubungan intim dengan seseorang tetapi tidak terangsang.

3. Perasaan yang Menjadikan Anda Merasa Aseksual
Pada akhirnya, tidak ada tes yang akan memberi tahu Anda jika Anda aseksual, semua tergantung pada bagaimana perasaan Anda. Menjadi aseksual adalah normal, dan tidak ada yang salah dengan menjadi aseksual. Beberapa orang tidak pernah merasa perlu mencari cara untuk meningkatkan hasrat mereka untuk keintiman seksual. 

SHARE