Merawat Rambut Tebal & Berombak Agar Mudah Diatur - Male Indonesia
Merawat Rambut Tebal & Berombak Agar Mudah Diatur
MALE ID | Looks

Mengalami kebotakan rambut ternyata bukan satu-satunya kekhawatiran laki-laki. Rambut yang tebal dan berombak (bergelombang/ikal) juga dapat menimbulkan masalah bagi kaum Adam, karena cenderung mudah berantakan dan cepat kusut.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Struktur dan ketebalan rambut pria bervariasi, tergantung jumlah rambut di kepala. Bentuk rambut menyesuaikan pada masing-masing poros rambut. Rambut Asia, misalnya, biasanya bundar, sehingga letaknya rata dan lurus. Rambut Kaukasia sedikit lonjong, cenderung halus/tipis dengan banyak ditumbuhi poros rambut. Sedangkan rambut Afro-Karibia umumnya datar dan melengkung, dengan penampilan keriting yang khas.

Kepadatan rambut dan banyaknya poros rambut di kepala dipengaruhi oleh warnanya. Rambut pirang memiliki rambut terbanyak, dan yang porosnya paling sedikit berambut merah. "Anda mungkin paling tahu bagaimana perilaku rambut Anda, tetapi membuatnya terlihat sehat, berkilau, dan mudah diatur bisa membutuhkan sedikit pengetahuan," kata Wendy Lewis, penulis Hair Affair, dikutip dari fashionbeans.

Merawat Rambut Tebal
Tak sedikit pria yang mengeluh rambutnya terlalu tebal karena kepala jadi terlihat besar dan mengembang. "Dengan rambut tebal, masalah utama adalah merawatnya karena volume rambut yang tipis," kata Jaymarie Winkler, manajer toko di barbershop Ruffians, London. Rambut tebal berarti banyak ditumbuhi poros rambut, volume rambutnya tipis, menyebabkan rambut cepat kusut dan gampang berantakan sehingga kurang sedap dipandang.

Secara umum, gaya rambut agak lebih pendek paling baik untuk rambut tebal. Mintalah tukang cukur atau stylist Anda untuk menggunakan gunting penipis khusus. "Tetapi hindari melakukannya (pakai gunting penipis khusus) jika rambutmu kasar, karena akan membuat lebih tidak bisa diatur," kata Jaymarie.

Bila habis keramas, sebaiknya biarkan rambut mengering secara alami. Karena kalau pakai alat pengering rambut, dapat meningkatkan volume rambut sehingga rambut terlihat lebih tebal. Jika tetap ingin pakai blow dryer, setel pengaturan yang dingin.

Menurut Paul Morgan, ahli cukur di Jacks of London, sampo mengandung pelembab (moisturizing) sangat penting untuk Anda berambut tebal. Penggunaan kondisioner juga bisa menjaga rambut tebal tetap terkendali kelembapannya dan struktur rambut terlihat lebih ramping.

Rambut Berombak
Rambut tebal biasanya cenderung berombak (bergelombang/ikal). Sekitar 40 persen pria Kaukasia memiliki rambut berombak. Pria model seperti David Gandy, aktor Orlando Bloom, petenis dunia Roger Federer adalah mereka yang rambutnya berombak namun tetap terlihat stylist.

Potongan yang bagus untuk pria rambut ikal adalah bagian samping dan belakangnya tetap pendek, sementara bagian atas rambut agak panjang sedikit. Ujung rambut mesti rutin dipotong karena rambut bergelombang kalau sudah panjang, pada ujungnya mudah bercabang. Tetapi jika Anda ingin memanjangkan rambut berombak, pertahankan panjangnya kurang dari 3 inci. Tipe rambut ini akan semakin jelas gelombangnya saat kelembapan udara sedang tinggi atau ketika cuaca gerimis di udara (berkabut).

Pilihlah produk perawatan khusus rambut berombak. Hindari memakai sampo biasa karena umumnya mengandung sulfat (bahan deterjen penghasil busa) yang dapat membuat rambut jadi kering mengingat rambut berombak pada dasarnya cenderung kering dan rapuh. Pilihlah sampo bebas sulfat (sulfate free) dilanjutkan dengan pemakaian kondisioner. Sampo tanpa sulfat tidak mengandung busa tetapi tidak membuat rambut kering seperti sampo biasa.
SHARE