Haruskah Angkat Beban Sebelum Lakukan Cardio? - Male Indonesia
Haruskah Angkat Beban Sebelum Lakukan Cardio?
MALE ID | Sport & Hobby

Sebagai pria yang sibuk, Anda diwajibkan untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, hal ini bertujuan untuk mendapatkan latihan kekuatan dan latihan cardio dalam satu sesi. Tetapi haruskah Anda melakukan angkat beban sebelum melakukan cardio itu sendiri?

Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Matt Reynolds, pemilik Barbell Logic Online Coaching mengatakan, bahwasannya ketika Anda melakukan cardio sebelum latihan angkat beban, Anda melelahkan otot, yang menyebabkan penurunan kekuatan kontraktual yang dapat dihasilkan oleh otot Anda.

"Jika tujuan Anda menjadi kuat, Anda perlu mengangkat beban sebanyak mungkin semala latihan itu berlangsung. Tetapi ketika Anda melakukan cardio, hal itu tidak perlu Anda lakukan," jelas Matt Reynolds dalam Art of Man Liness.

Untuk diketahui, olahraga cardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga cardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. 

 
 

Terdapat banyak sekali jenis olahraga cardio sederhana yang bisa Anda coba, misalnya berjalan kaki, naik-turun tangga, berlari, bersepeda, dan berenang.

Harus Ada Sela Waktu Antara Angkat Beban dan Cardio
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, peneliti menemukan bahwa subjek yang melakukan treadmill berlari sebelum mengangkat beban memiliki penurunan kekuatan otot dan melakukan repetisi lebih sedikit dibandingkan ketika mereka mengangkat sebelum berlari di treadmill. 

Memprioritaskan latihan beban daripada latihan cardio tidak hanya memungkinkan Anda mengangkat lebih banyak, tetapi keunggulan itu mengarah pada yang lain, seperti peningkatan lemak.

Lebih jauh, Matt Reynolds menjelaskan, meningkatkan massa otot meningkatkan tingkat metabolisme istirahat Anda yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori saat Anda hanya duduk. Dan jika Anda ingin menambah massa otot, Anda harus mengangkat beban berat, dan mengangkat beban sebelum cardio memungkinkan Anda mengangkat beban lebih berat.

Manfaat tambahan akhir untuk mengangkat beban sebelum cardio adalah dapat dengan mudah menghemat waktu Anda di gym. "Cardio melemaskan otot-otot Anda sehingga ketika Anda akhirnya bisa mengangkat, Anda mungkin harus beristirahat lebih lama untuk menyelesaikan repetisi Anda, yang dapat memperpanjang durasi latihan Anda," jelas Matt.

Jadi, jika Anda ingin menjadi lebih kuat, kehilangan lemak tubuh, dan menghemat waktu di gym, angkat beban sebelum melakukan cardio.

Tetapi bukankah kebalikan dari persamaan ini juga benar, bahwa melakukan latihan kekuatan sebelum kardio akan membuat tubuh Anda lelah, sehingga dapat mengurangi intensitas cardio Anda.

“Tujuan cardio adalah untuk meningkatkan kesehatan aerobik dan meningkatkan pengkondisian jalur metabolisme. Anda masih bisa mendapatkan jantung Anda memompa dan paru-paru Anda menghisap udara bahkan ketika otot-otot Anda lelah karena angkat berat," kata Matt.

Sementara Matt merekomendasikan kebanyakan orang untuk mengangkat beban sebelum cardio, dia merekomendasikan atlet ketahanan membalikkan urutan itu dan melakukan cardio sebelum mengangkat beban. 

Matt memberikan alasan mengapa dirinya merekomendasikan agar atlet ketahanan melakukan latihan ketahanan dan latihan beban pada hari yang berbeda, hal itu untuk memastikan pemulihan yang cukup di antara sesi latihan.

Saya sudah mengenal sejumlah pelari amatir yang telah sukses besar, baik dalam hal meningkatkan kinerja dan mencegah cedera, dalam bergantian latihan kekuatan dan menjalankan latihan setiap hari," kata Matt.

"Jika itu tidak mungkin karena kendala waktu, atau karena program lari Anda mengharuskan Anda berjalan setiap hari, angkat beban setalah Anda melakukan pelatihan ketahanan," pungkas Matt.

SHARE