Mengatasi Hasrat Seksual Turun Akibat Stres - Male Indonesia
Mengatasi Hasrat Seksual Turun Akibat Stres
MALE ID | Sex & Health

Sering terjadi pada banyak orang, ketika dilanda stres, enggan melakukan hubungan seksual. Padahal sejumlah penelitian menyebutkan bahwa aktivitas seks dapat mengurangi tekanan stres dalam diri seseorang, karena bisa menggerakan hormon endorfin yang berfungsi mengendalikan stres dan gangguan emosional.

Male IndonesiaPhoto by Christian Erfurt on Unsplash

Stres bisa dipicu oleh banyak hal. Kehidupan sehari-hari yang dialami seseorang seringkali jadi penyebabnya. Antara lain seperti masalah internal keluarga, hubungan bermasyarakat, masalah dengan teman kerja, tekanan-tekanan dalam pekerjaan, dan sebagainya.

Pikiran yang mumet, rasa cemas berlebihan, ditambah tubuh yang letih usai bekerja memang membuat orang jadi malas bercinta. Respon fisiologis akan muncul ketika Anda sedang stres. Bahkan tekanan darah cenderung akan naik alias mengalami tekanan darah tinggi yang tentunya tak baik bagi kesehatan. Tekanan darah mestinya selalu terjaga agar tetap stabil.

Respon fisiologis saat stres akan membawa perubahan-perubahan pada hormon tubuh Anda, yang bisa berdampak pada kesehatan secara fisik, termasuk menurunnya libido di dalam tubuh. Apabila libido rendah, otomatis respon seksual pun menurun. Hal ini pertanda buruk pada keinginan bermesraan dengan pasangan.

"Stres membuat seseorang lelah, terganggu, dan tidak termotivasi untuk melakukan apa pun, apalagi berhubungan seks," kata Laura Berman Ph.D, Director of the Berman Center for Women Sexual Health di Chicago, dikutip dari NBC News.

Mengembalikan hasrat seksual saat Anda sedang stres, sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi agar stres tidak lagi jadi faktor pengganggu intensitas hubungan percintaan Anda dengan pasangan.

Bentuklah Suasana Hati dan Pikiran
Kecemasan berlebihan dapat memicu masalah psikologis dan menimbulkan stres. Karena itu, upayakan bentuklah suasana hati dan pikiran agar tetap bahagia dan energik. Mencari udara segar dengan berjalan-jalan sebentar di luar rumah sambil memikirkan hal-hal yang membuat Anda senang. Bisa juga dengan berwisata ke pegunungan atau pantai, berdansa dan bernyanyi, atau pun berolahraga. Banyak studi menyebutkan bahwa aktivitas aktivitas tersebut mampu meringankan gangguan stres dan berpotensi mengembalikan hasrat seksual.

Lakukan Pemanasan Perlahan
Ketika stres, biasanya orang  melakukan seks sekadarnya saja, atau seks kilat. Padahal ini membuat hambar kenikmatan bercinta dan menjadi tidak puas. Jadi sebaiknya, lakukan secara perlahan. Buatlah pemanasan, contohnya dengan mandi bersama di bawah pancuran air hangat, atau saling memberikan pijatan dan rangsangan. Aktivitas ini bisa melepaskan stres. Ketika bercinta, kemungkinan mampu mencapai orgasme dengan puas.

Atur Pernapasan
Saat dilanda stres, cobalah Anda mengatur pernapasan. Caranya, luangkan waktu Anda untuk berbaring dengan posisi wajah dan tubuh menghadap ke atas (telentang). Lepaskan semua pikiran yang membuat Anda galau, cemas, atau stres. Selanjutnya tarik napas dalam dalam melalui hidung, dan lepaskan secara perlahan melalui hidung. Aktivitas ini adalah cara untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan respons, dengan harapan bisa memicu sensasi sensual pada tubuh.

Pancing Lewat Media
Media seperti bacaan dan film dewasa pada alur ceritanya banyak yang menyajikan berbagai gambaran kehidupan seksual. Anda harus bisa mengambil sisi positifnya, meski semuanya itu adalah fiksi. Setidaknya, bacaan dan film dewasa tersebut bisa menjadi edukasi dan menginspirasi Anda untuk melakukan eksplorasi dan memancing libido Anda untuk bercinta dengan pasangan.

SHARE