Film Kontroversial & Unik dengan Fans Fanatik - Male Indonesia
Film Kontroversial & Unik dengan Fans Fanatik
MALE ID | Entertainment

Dalam dunia sejarah perfilman, terdapat beberapa karya yang memicu perdebatan mengenai kelayakan film untuk disematkan judul cult movie. Fanatisme yang masih membara di kalangan penggemar sebuah film adalah tolak ukur utama yang dapat memvalidasi bilamana sebuah film dapat dikatakan sebagai karya yang layak disematkan predikat tersebut. Perlu diingat, beberapa barometer utama dari pemilihan daftar ini berdasarkan dari kesetiaan penonton dalam menonton film tersebut secara berkala, Teknik film making yang revolusioner, jalan cerita yang unik dan adanya komunitas yang didasari atas kekaguman dari menonton film tersebut.

Male Indonesia Photo by Krists Luhaers on Unsplash

The Rocky Horror Picture Show

Film yang dirilis pada tahun 1975 ini sering kali diberi predikat sebagai ikon dari cult movie. Film ini di sutradarai dan ditulis oleh Jim Sharman. Film ini diangkat dari karya teater musical yang diciptakan oleh Richard O’Brian dan menceritakan pasangan yang mobilnya mogok dan hendak meminjam telepon di sebuah kastil tapi ternyata bangunan tersebut dihuni oleh banyak orang dengan kostum yang aneh. The Rocky Horror Picture Show berhasil meraih cult following sejak perilisannya. Penggemar setianya secara berkala berkumpul dengan dengan kostum yang mengusung tema dan tidak jarang merekonstruksi adegan yang ada di film tersebut.

A Clockwork Orange

Salah satu film yang paling kontroversial dalam sejarah. Film ini adalah salah satu dari sekian banyak karya Stanley Kubrick yang menjadi buah bibir seluruh dunia. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Anthonny Burgess yang dirilis pada tahun 1962 dengan nama yang sama. Malcolm McDowell berperan sebagai Alex DeLarge, yaitu tokoh utama dari film ini.

Blade Runner

Film yang dianggap agal dari segi pendapatan pada periode pertama penayangan di bioskop, Blade Runner malah memiliki penggemar setia yang terus berkembang. Blade Runner mendapatkan nominasi dari penghargaan bergengsi seperti Oscar, BAFTA, serta Golden Globe setelah perilisannya. Film ini juga dianggap oleh berbagai kritikus dan badan perfilman seperti National Film registry sebagai salah satu karya sci-fi terbaik sepanjang sejarah.

SHARE