Jangan Statis, Pengusaha Penting Berkreativitas - Male Indonesia
Jangan Statis, Pengusaha Penting Berkreativitas
MALE ID | Works

Kewirausahaan adalah jalur karier yang kompleks. Ada banyak kualitas yang dapat membantu seseorang dalam perjalanannya, seperti hasrat dan tekad. Namun, satu atribut khususnya harus dihargai di atas yang lainnya, yakni kreativitas.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Phoebe Cade Miles, presiden dewan direktur dan CEO Cade Museum Dr. James Robert Cade, adalah orang yang begitu percaya pada kekuatan kreativitas. Dia menyaksikan ayahnya bekerja tanpa lelah untuk menciptakan suatu produk.

"Penemuan Gatorade adalah contoh sempurna dari sebuah pemikiran yang kreatif," kata Cade Miles dalam laman Business News Daily. 

Menurutnya, kreativitas penting karena mirip dengan inovasi. Ada banyak persaingan di dunia bisnis, dan hanya mereka yang mampu selangkah lebih maju yang akan berhasil. Ketika sebuah bisnis membuka potensi kreatifnya, itu memberi mereka kemampuan untuk melihat bisnis mereka dalam cahaya baru. Ini juga dapat mengingatkan alasan mengapa Anda memulai bisnis Anda. 

Cade Miles dan Ron Ben-Zeev, pendiri dan CEO World Housing Solution, berbagi pemikiran mereka tentang mengapa kreativitas adalah kekuatan wirausaha yang begitu kuat, dan bagaimana hal itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam lingkungan startup.

Sebagian besar lembaga pendidikan dan bisnis masih menghargai kecerdasan daripada kreativitas. Namun, kecerdasan itu subyektif, dan individu yang kreatif dapat membawa manfaat besar bagi perusahaan ketika kreativitas itu dimanfaatkan dengan baik.

"Seseorang yang dianggap cerdas di New York City bisa mati di hutan Amazon jika dia tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk bertahan hidup di lingkungan itu," kata Ben-Zeev.

Kreativitas dapat Dipelajari
Setiap orang memiliki potensi kreatif, dan proses berpikir kreatif dapat ditingkatkan dan diperkuat. Mempelajari hobi dan keterampilan baru adalah cara yang bagus untuk meletakkan jaringan saraf baru.

Tetapi mempelajari bentuk seni baru adalah salah satu metode terbaik untuk melatih pikiran dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif. Seni membutuhkan penggunaan pemikiran yang berbeda.

"Selain itu, Anda dapat mengamati dan belajar dari orang lain. Penting untuk tidak membatasi diri pada keahlian Anda sendiri," kata Ben-Zeev. 

Jika Anda seorang wirausahawan, atau memiliki visi menjadi satu, kemungkinan besar Anda adalah salah satu dari sedikit yang diberkati dengan kreativitas bawaan. Memiliki ide-ide untuk bercabang dan memulai bisnis yang orisinal membanggakan kecerdikan.

Seluruh alasan pengusaha memulai sebuah perusahaan adalah karena mereka telah memimpikannya. Tanpa kreativitas, tidak ada ide atau visi. 

"Ini sering didorong oleh visi pendiri yang percaya mereka dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih cerdas, lebih baik, lebih efisien daripada siapa pun yang ada di pasar saat ini," kata Ben-Zeev.

"Kemampuan untuk memvisualisasikan kemudian mengembangkan dan mengimplementasikan solusi adalah apa yang mendorong orang-orang yang memulai dan menjalankan perusahaan. Ini adalah kekuatan pendorong di balik kreativitas mereka," jelasnya lagi.

Walaupun proses berpikir kreatif itu penting, itu bukan satu-satunya sifat yang dibutuhkan seorang wirausahawan, mereka juga membutuhkan beberapa jenis pelatihan formal. Kebanyakan orang sukses adalah ahli di bidangnya.

Kegigihan dan ketangguhan adalah penting karena bahkan wirausahawan terbaik sekalipun menghadapi kegagalan. Pengusaha harus mampu melihat peluang ketika disajikan dan memanfaatkannya. Menerapkan ide-ide dan visi-visi inilah yang paling penting. Jangan duduk dengan impian Anda, kejar mimpi itu.

SHARE