Baterai Ponsel Tak Mengisi Penuh Saat di-Charge? - Male Indonesia
Baterai Ponsel Tak Mengisi Penuh Saat di-Charge?
MALE ID | Digital Life

Mengisi daya baterai ponsel normalnya 2-3 jam saja, tetapi ada beberapa persoalan yang kerap muncul, yakni baterai tidak kuncung penuh saat di-charge, meski semalaman. Selain tidak terisi penuh, kejadian seperti ini sering dibarengi dengan masalah baterai ponsel terasa panas saat sedang di-charge

Photo by Andreas Haslinger on Unsplash

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Kemungkinan simpelnya ada dua yaitu terjadi kerusakan dari sisi hardware serta software. Akan tetapi, penyebab ponsel tidak bisa di cas sendiri bermacam-macam. 

Namun sebelum menyimpulkan, Anda harus tahu bahwa ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, yaitu baterai benar-benar tidak mengisi daya sama sekali atau mengisi tapi sangat lambat. Jadi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai ponsel telah rusak. 

Lakukan Cek USB Port
Ketika baterai ponsel tidak terisi penuh saat diisi. Coba pertama-tama periksa sambungan USB port untuk mengisi daya, seringkali permasalahan yang muncul adalah logam yang terdapat pada port USB tidak berfungsi dengan baik karena seringnya mencabut charger terus-menerus.

Perhatikan Kabel
Periksalah kabel Anda apakah ada kerusakan atau tidak. Kalau bisa cobalah kabel untuk mengisi ponsel lain. Ketika memang tidak bisa digunakan di ponsel lain. Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Pakai Stop Kontak yang Baik
Jika kabel penghubung tidak mengalami masalah, Anda harus memeriksa stop kontak yang ada di dinding, terutama jika salah satu tempat kebel pengisian daya dapat dilepas. Gunakan stop kontak atau adaptor yang benar dan tidak terlihat bermasalah.

Ganti Baterai
Jika semua sudah Anda pastikan tidak bermasalah dan Anda telah mengganti kabel pengisian daya dengan yang baru namun daya baterai Anda tetap tidak terisi penuh, sudah saatnya Anda untuk mengganti baterai.

Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai
Tidak ada salahnya sekali-kali kita mengecek seberapa sehat baterai ponsel yang dimiliki. Dengan demikian, Anda bisa mendeteksi lebih dini jika baterai perangkat sudah memasuki batas untuk dilakukan penggantian.

Untuk mendeteksi kesehatan baterai ini juga tidak sulit. Karena saat ini telah tersedia beberapa aplikasi untuk mengecek daya tahan baterai, seperti aplikasi Ampere, Repair Battery Life Pri, dan Battery Life. 

SHARE