Berkunjung ke Baduy, Pahami Dulu Hal Ini - Male Indonesia
Berkunjung ke Baduy, Pahami Dulu Hal Ini
MALE ID | Relax

Siapa yang tidak kenal dengan Suku Baduy? Suku pedalaman yang berada di Provinsi Banten. Ditengah kemajuan teknologi, Suku Baduy masih bertahan dengan kearifan lokalnya. Memegang teguh budaya yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Perkampungan Baduy menjadi salah satu tujuan wisata bagi traveler. Tujuan mereka datang kesana tidak lain untuk mengetahui bagaimana kehidupan Suku Baduy tersebut. Tak heran jika tempat ini sering didatangi oleh rombongan wisatawan. Tahukah anda, ada beberapa yang harus diketahui saat anda ingin mengunjungi Suku Baduy. Agar anda lebih siap untuk mempersiapkan diri dan anda lebih nyaman saat melakukan travelling.

Male IndonesiaPhoto:Fitri Penyalai/Wikimedia

Siapkan Kondisi Badan Yang Fit

Untuk melakukan perjalanan ke Suku Baduy, pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat. Bawalah obat-obatan pribadi jika diperlukan, karena untuk menyusuri kampung Baduy tidak bisa menggunakan kendaraan. Semua aktifitas disini dilakukan dengan berjalan kaki. Semua pengunjung akan menitipkan kendaraannya ketika sampai di Desa Cibolegar yaitu desa terakhir sebelum masuk ke Suku Baduy.

Bawa Bahan Logistik

Ketika anda mengunjungi Suku Baduy, jangan lupa bawa bahan logistik. Karena didalam Suku Baduy tidak ada pasar atau toko klontong. Masyarakat Baduy pada umumnya membeli bahan makanan di desa Cibolegar. Masyarakat Baduy menyimpan hasil tani nya seperti beras di dalam sebuah lumbung. Bahan-bahan logistik yang kita bawa bisa diserahkan kepada pemilik rumah yang nantinya akan kita tinggali untuk bermalam.

Pakailah Sendal Atau Sepatu Gunung

Sudah tau medan yang akan dilalui ketika masuk ke Suku Baduy? Karena pemukiman Baduy terletak di lereng gunung Halimun, maka jalur yang akan dilewati masih alami dengan tekstur tanahn merah yang licin. Gunakan sandal atau sepatu gunung agar tidak terpeleset dan bisa menapak dengan kuat.

Jangan Keluarkan Kamera Atau Handphone Di Baduy Dalam

Jangan tanya alasannya kenapa kita tidak boleh menggunakan alat elektronik di Baduy dalam, karena memang sudah aturannya seperti itu. Jika anda melanggar maka akan dikenakan sanksi adat dan denda. Peraturan itu hanya berlaku di Baduy dalam. Jika anda masih berada di Baduy luar, anda bebas untuk menggunakan alat elektronik tersebut. 

SHARE