Penyebab Utama Asma yang harus Anda Waspadai - Male Indonesia
Penyebab Utama Asma yang harus Anda Waspadai
MALE ID | Sex & Health

Asma adalah penyakit radang kronis yang menyerang saluran udara. Sayangnya hingga kini belum ada penyebab pasti penyakit asma. Penyebab asma bisa berbeda setiap orang. Namun, satu hal yang pasti saat saluran udara bersentuhan dengan penyebab asma itu akan meradang, menyempit dan penuh dengan lender. Serangan asma membuat saluran udara menjadi sempit sehingga anda sulit bernafas. Hal ini dapat terjadi akibat kejang otot di sekitar saluran udara. Pengidap asma mungkin mengalami sesak napas atau batuk karena tubuh berusaha mengeluarkan lender tersebut.

Male IndonesiaPhoto by Cristian Newman on Unsplash

Alergi Bisa Jadi Penyebab Asma

Alergi adalah salah satu pemicu penyebab nya asma. 80% penderita asma memiliki alergi terhadap hal-hal di udara seperti, pohon, rumput, serbuk sari bunga, jamur, bulu hewan, tungau debu, dan kotoran kecoa. Tidak hanya itu, alergi terhadap tungau debu dapat menjadi pemicu asma yang umum sehinga wajib menjaga keberihan lingkungan.

Makanan Dan Zat Aditif Bisa Jadi Pemicu Asma

Alergi makanan bisa menyebabkan reaksi ringan hingga berat yang mengancam jiwa, makanan tertentu bisa menyebabkan seseorang mengalami asma tanpa gejala lain. Jika anda memiliki alergi makanan, asma dapat menjadi bagian dari reaksi parah dan mengancam jiwa yang disebut anafilaksis. Makanan paling umum yang biasanya terkait dengan gejala asma seperti telur, susu, daging sapi, kacang-kacangan, ikan, udang, bahkan buah segar.

Efek Pengobatan Bisa Jadi Penyebab Asma

Rang-orang dengan asma yang sensitif terhadap aspirin mungkin juga mempunyai masalah dengan obat-obatan lain seperti beta-blocker (digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan tekanan darah tinggi). Jika anda tahu bahwa tubuh anda sensitif terhadap obat-obatan, pastikan dokter mengetahui hal ini agar mereka bisa memberikan obat yang lebih aman.

Olahraga Juga Bisa Jadi Penyebab Asma

Sekitar 80 persen pengidap asma, olahraga berat juga bisa menyebabkan saluran udara menyempit dan sebabkan gejala asma. Jika anda mengalami asma akibat berolahraga, anda dapat merasakan gejala seperti sesak dada, batuk dan kesulitan bernapas. Bagi kebanyakan orang, gejala ini dapat hilang sekitar 30 hingga 60 menit latihan berikutnya.

SHARE