Negara Ini Sukses Mengatasi Bencana Banjir - Male Indonesia
Negara Ini Sukses Mengatasi Bencana Banjir
MALE ID | Story

Banjir tidak hanya terjadi di ibu kota. Beberapa kota di dunia juga pernah mengalami banjir yang disebabkan oleh sungai yang meluap hingga gelombang laut. Bahkan di sejumlah kota di dunia, banjir menjadi bencana yang dengan tingkat kerusakan yang tinggi dan menelan banyak korban. Atas persoalan itu, mereka mencoba mengubah pendekatan mereka terhadap banjir yang seringkali menghampiri. Hingga akhirnya mereka terbebas dari bencana banjir. Berikut negara yang sukses mengatasi banjir.

Male IndonesiaPhoto by Piyush Priyank on Unsplash

Belanda

Sepertiga wilayah belanda berada di bawah permukaan air laut, dimana titik rendahnya adalah 6,7 meter di bawah permukaan air laut. Oleh karena itu, banjir menjadi bencana yang tidak terelakkan di Belanda. Belanda membuat waduk darurat yang terdiri dari taman kota dan area publik, termasuk lapangan basket. Pada tahun 1997, Belanda berhasil membangun penghalang gelombang badai dan gelombang air laut di dekat Pelabuhan Rotterdam. Penghalang teknologi tersebut diberi nama Maeslantkering. Maeslantkering ini terdiri dari dua pintu ayun yang berfungsi menghalau air laut agar tidak masuk ke daratan.

Malaysia

Kota metropolitan Malaysia juga tidak terlepas dari masalah banjir akibat menurunnya kapasitas sungai klang dan pesatnya pembangunan di wilayah tersebut. Oleh karena itu Malaysia membuat suatu sistem penaganan banjir yang disebut Stormwater Management and Road Tunnel (SMART). Proyek ini terdiri dari pembuatan terowongan sepanjang 9,7 meter, pembuatan twin box culvert outlet structure dan pembuatan kolam-kolam penampung air. Disebutkan bahwa proyek tersebut akan mampu menampung air banjir hingga tiga juta meter kubik dan mengalirkannya sehingga tidak terjadi banjir di Kuala Lumpur.

Brazil

Salah satu kota di Brazil, Curitiba berhasil menyelesaikan persoalan banjir dengan menggunakan istem inovatif. Curitiba menggunakan pola pembangunan “radial segaris-bercabang”. Singkatnya, Curitiba berhasil mengatasi banjir yang kerap kali menghampirinya dengan mengubah area yang rawan banjir menjadi taman dan membuat danau buatan untuk menampung air.

Austria

Pemerintah kota Grein, Austria memiliki caranya sendiri untuk mengatasi wilayahnya yang sering terkena banjir akibat luapan sungai Danube. Mereka menggunakan dinding anti banjir berteknologi tinggi untuk menyelesaikan persoalan banjir di wilayahnya. Pada saat banjir terjadi di tahun 2013, teknologi tersebut berhasil menghalau banjir yang akan menerjang daratan karena dianggap efektif menangkal banjir. Maka dinding anti banjir yang ada di Austria tersebut menjadi terkenal.

SHARE