Cara Mudah Merawat Keyboard Laptop Tetap Awet - Male Indonesia
Cara Mudah Merawat Keyboard Laptop Tetap Awet
MALE ID | Digital Life

Di zaman yang serba digital, perangkat elektronik terutama laptop sudah menjadi kebutuhan yang prioritas baik untuk dunia kerja maupun aktivitas lainnya. Sehingga apabila terjadi kerusakan tentu akan sangat mengganggu, apalagi dibagian keyboard.

Photo by Lauren Mancke on Unsplash

Keyboard menjadi salah satu komponen penting pada laptop. Ketika rusak pengguna tidak dapat menggunakan laptop dengan maksimal. Untuk itu pengguna perlu merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak. 

Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak sebenarnya merupakan hal-hal yang sederhana. Namun banyak orang yang tidak memperhatikannya dan menyepelekannya, sehingga banyak keyboard laptop yang harus diganti maupun dan diperbaiki.

Hindari Cairan yang Masuk
Pengguna mungkin memiliki kebiasaan menaruh gelas berisi air dekat laptop. Sebaiknya pengguna tidak menaruh gelas tersebut dekat laptop, sebab bisa berpotensi air itu tumpah akibat tersenggol tidak sengaja oleh pengguna.

Gunakan Keyboard Cover
Cover keyboard sangatlah penting kegunaanya karena keyboard cover mampu melindungi keyboard leptop dari debu dan cairan. Biasanya keyboard bentuk transfaran, ada juga yang berwarna warni. Sudah banyak variasi hari ini tergantung selera Anda.

Bersihkan Debu
Bersihkan debu keyboard secara bertahap. Pasalnya debu yang menumpuk dapat membuat keyboard macet jika dibiarkan.

Jangan Mengetik dengan Keras
Keyboard sudah dibentuk sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan, termasuk dalam hal sensitifitas dalam mengetik. Oleh karena itu, tidak perlu mengetik terlalu keras sampai menekannya, karena dapat merusak keyboard laptop tersebut nantinya.

Hindari Penggunaan Keyboard Saat Bermain Game
Banyak orang yang menggunakan laptopnya untuk kepentingan bermain game. Namun keyboard laptop biasanya sangat rentan rusak bila digunakan untuk bermain game terlalu sering.

Hal ini karena bermain game menuntut untuk menekan keyboard berulang kali, dan biasanya bermain game juga membuat seseorang menekan keyboard dengan keras. Belum lagi kalau sedang emosi, tentu keyboard yang akan menderita karena jadi pelampiasan kekesalan.

Berbagai macam hal yang dilakukan saat menggunakan keyboard dalam bermain game dapat membuatnya cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini, bisa menggunakan joystick atau membeli keyboard eksternal saja.

SHARE