Kebiasaan yang Membuat Anda Rentan Terkena Wasir - Male Indonesia
Kebiasaan yang Membuat Anda Rentan Terkena Wasir
MALE ID | Sex & Health

Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyakit yang bisa mengganggu kegiatan harian anda. Masalah kesehatan terasa lebih mengganggu ketika dialami oleh seseorang yang butuh untuk duduk dalam waktu lama. Masalah yang terjadi ini berupa bengkaknya pembuluh darah baik diluar ataupun di dalam anus. Masalah yang dialami bisa berupa pendarahan, serta munculnya rasa gatal dan tidak nyaman didalam anus. Munculnya penyakit ini dipengaruhi oleh gaya hidup. Kondisi kurang gerak dan jarang berolahraga bisa menyebabkan seseorang mengalami ambeien. Sejumlah kegiatan yang anda lakukan sehari-hari bisa tanpa disadari menjadi penyebab anda terkena ambeien. Berikut sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan anda terkena ambeien.

Male IndonesiaPhoto by ┼Żygimantas Dukauskas on Unsplash

Mengangkat Beban Berat

Kebiasaan memindahkan beban berat seperti kursi atau barang yang lainnya bisa menjadi penyebab kemunculan ambeien. Hal ini bisa meningkatkan tekanan pada rectum sehingga pembuluh darah yang terdapat pada anus menjadi bengkak. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya angkat beban yang berat dengan benar dan pusatkan berat itu di lutut bukan punggung.

Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menimbulkan ambeien atau wasir adalah terlalu banyak meminum alcohol. Setelah mengkonsumsi minuman tersebut, dehidrasi dapat terjadi. Gangguan yang terjadi karena kekurangan cairan tersebut dapat menyebabkan wasir sehingga pencernaan dan buang air besar terganggu.

Terlalu Lama Duduk Di Toilet

Salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab wasir adalah terlalu lama duduk di toilet. Di zaman yang serba gadget ini, banyak orang yang menghabiskan waktu ketika buang air besar. Waktu yang dihabiskan pada saat menggunakan gadget tersebut dapat menimbulkan peradangan pada anus yang akhirnya terjadi wasir atau ambeien. Semakin lama seseorang duduk di toilet, maka semakin menumpuk juga darah yang mengalir ke pembuluh darah bagian bawah. Maka dari itu, cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini yang dapat meningkatkan resiko terkena wasir.

Sulit Buang Air Besar

Kurangnya serat yang anda alami bisa berujung pada munculnya konstipasi dan tinja yang mengeras. Hal ini bisa berdampak pada sulitnya buang air besar dan tekanan ini bisa berdampak terjadinya ambeien. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa berolahraga, makan makanan yang berserat secara cukup, serta pastikan cukup minum.

SHARE