7 Cara Tingkatkan Keterampilan Manajemen Waktu - Male Indonesia
7 Cara Tingkatkan Keterampilan Manajemen Waktu
MALE ID | Works

Manajemen waktu adalah perjuangan bagi banyak karyawan. Karena tentu saja begitu banyak hal yang harus dilakukan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, dan dari antara keduanya sangat sedikit waktu untuk mewujudkan semuanya. 

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Apabila Anda seorang manajer, eksekutif, atau pemimpin pemula, manajemen waktu menjadi lebih dari sebuah tantangan. Anda harus menyesuaikan kebutuhan tim Anda dan kebutuhan Anda sendiri.

Yang mengatakan, ada banyak cara untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda. Banyak sumber daya dan teknik tersedia untuk membantu Anda dalam upaya ini. Dalam laman Recruiter, berikut ini cara tingkatkan keterampilan manajemen waktu untuk Anda.

1. Membuat dan Mematahui Jadwal
Mulailah meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda dengan mengatur hari dan minggu Anda di muka. Akan selalu ada kejutan, tetapi kemungkinan Anda memiliki gagasan tentang jenis tugas dan tanggung jawab yang harus Anda tangani setiap hari.

Jika Anda merasa sedikit kelimpungan, habiskan satu atau dua minggu untuk melacak setiap hal yang Anda lakukan setiap hari. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi pola dan tugas berulang, yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam jadwal Anda.

2. Prioritaskan
Pelajaran kedua dalam manajemen waktu adalah belajar bagaimana memprioritaskan. Untuk melaksanakan proyek apa pun secara efisien, Anda perlu memutuskan tahapan atau komponen proyek mana yang paling penting bagi bisnis Anda dan dampak setiap tahap/komponen dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Dengan kata lain, Anda harus mencari tahu tugas atau kegiatan mana yang akan memberikan pengembalian terbaik. Dengan begitu, Anda dapat memprioritaskan tugas-tugas yang kurang penting ini.

3. Tetapkan Beberapa Batas
Jika Anda ingin tim dan keluarga Anda membiarkan Anda bekerja dengan tenang, Anda perlu memberi tahu mereka saat Anda tidak bisa hadir dengan mereka. Orang-orang tidak dapat membaca pikiran Anda, jadi terserah Anda untuk menetapkan batasan saat diperlukan. 

Anda tidak ingin terdengar kasar, jadi pastikan untuk mengomunikasikan batasan Anda dengan sopan, tetapi langsung. Misalnuya, jam berapa dalam sehari Anda tidak ingin diganggu sama sekali, kecuali dalam keadaan darurat.

4. Kurangi Gangguan
Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda akan terganggu di sana-sini. Itu fakta kehidupan. Lebih jauh, tidak ada yang bisa bekerja berjam-jam. Semua perlu istirahat untuk membantu tetap produktif. 

Hal terbaik untuk dilakukan adalah menerima bahwa gangguan akan terjadi dan mencoba memasukkannya ke dalam jadwal Anda. Blokir beberapa downtime selama jadwal Anda setiap hari. Ini mungkin berarti menyisihkan beberapa menit di sini atau di sana untuk minum kopi, berjalan-jalan di koridor, atau perjalanan ke luar meski hanya untuk mencari udara segar. 

Istirahat dari hal-hal seperti ini sangat penting jika Anda bekerja di depan meja sepanjang hari. Anda juga dapat menggunakan waktu istirahat Anda untuk mencoba beberapa teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, meditasi, atau yoga.

5. Menjauh dari Gangguan Buruk
Jika ada sisi baik dari gangguan, ada juga sisi buruk. Jika gangguan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda, Anda akan merasa sangat ketinggalan bekerja. Jadi, kenali gangguan mana yang cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu Anda, dan kemudian lakukan segala upaya untuk menghindari gangguan ini.

Misalnya, Anda mungkin ingin menjauh dari media sosial selama hari kerja. Anda mungkin juga ingin menutup jendela email Anda sampai Anda siap untuk menyortir kotak masuk Anda. 

Selain itu, bembiarkan tab terbuka di latar belakang komputer bisa menjadi gangguan besar, karena setiap email baru yang masuk akan membuat Anda ingin membelok dari tugas yang ada. Hal yang sama berlaku untuk notifikasi aplikasi di ponsel.

6. Dapatkan Bantuan Teknis
Ada banyak aplikasi manajemen waktu yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Ini dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan memastikan bahwa Anda melakukan apa yang harus dilakukan.

Misalnya, jika Anda ingin tahu ke mana semua waktu Anda pergi, Anda harus mencoba sesuatu seperti  Rescue Time atau Toggl. Jika Anda bukan penggemar saran ini, Anda pasti dapat menemukan hal lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukan sedikit penggalian.

7. Jangan Menunda-nunda
Jika itu bisa dilakukan hari ini, lakukanlah hari ini. Aturan emas ini harus menjadi moto Anda jika Anda ingin memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Ambil satu langkah lebih jauh. Jika sesuatu dalam jadwal Anda berubah, dan Anda mendapati diri Anda memiliki waktu ekstra sebelum akhir hari ini, mulailah pada tugas-tugas hari berikutnya tanpa berpikir dua kali. 

Jauh lebih baik untuk menyelesaikan minggu Anda lebih awal pada hari Jumat daripada terjebak mengerjakan proyek secara mepet.

Manajemen waktu membutuhkan disiplin, perencanaan, sikap yang kuat, dan bantuan beberapa alat teknologi yang bagus. Tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, itu pasti akan menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah.

SHARE