Ingin mencoba Crossfit, Pahami Dulu Risikonya - Male Indonesia
Ingin mencoba Crossfit, Pahami Dulu Risikonya
MALE ID | Sport & Hobby

Banyak cara yang bisa anda pilih untuk menjaga kebugaran tubuh anda. Salah satu metode latihan kebugaran yang bisa anda pilih dan banyak peminatnya adalah latihan crossfit. Bagi anda yang ingin memiliki tubuh indah atau sekedar menambah kekuatan, crossfit juga sebagai salah satu model yang paling berhasil. Tapi, tahukah anda resiko melakukan crossfit? Berikut penjelasan beberapa resikonya.

Male IndonesiaPhoto by Jesper Aggergaard on Unsplash

Resiko Cedera Crossfit
Pada kasus yang serius, crossfit bisa saja menimbulkan resiko miopati atau kerusakan otot yang dapat menjadi berkembangnya rhabdomyolysis. Miopati sendiri bisa dipicu dari aktifitas segi fisik yang berlebihan, dehidrasi atau kondisi lainnya yang dapat merusak jaringan otot. Miopati sendiri ditandai dengan nyeri otot yang tidak biasa, kelelahan dan urin yang berwarna gelap. Jika hal ini terjadi, orang tersebut harus segera mendapat penanganan medis di rumah sakit. Meski resiko cedera crossfit ini jarang dialami, sebaiknya anda tetap berhati-hati dan jangan terlalu memaksa tubuh anda untuk bekerja terlalu berat.

 
 

Beberapa Orang Tidak Disarankan Melakukan Crossfit
Latihan crossfit merupakan latihan yang cukup ekstream untuk dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, latihan ini tidak disarankan untuk dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai penyakit jantung, cedera lama seperti masalah pada punggung hingga osteoporosis. Dibutuhkan tubuh yang kuat dan tenaga maksimal untuk melakukan olahraga ini agar tidak menimbulkan masalah yang nantinya akan mengganggu kesehatan anda. Jika anda tertarik untuk mencoba crossfit ini pastikan keadaan tubuh anda memang memungkinkan untuk melakukan rutinitas latihannya

Pelajari Tentang Crossfit
Ketika anda memulai crossfit untuk pertama kalinya, lakukan segala gerakannya dengan memberi waktu yang lama, baru tambahkan kecepatan dan beban kerjanya secara perlahan setelah kebugaran tubuh anda mulai meningkat. Untuk menghindari resiko myopia, jangan lupa minum air putih secukupnya dan tidak melakukan crossfit di tempat yang panas dan lembab. Ketahui juga apakah pelatih di tempat anda latihan memiliki kompetensi yang baik untuk membimbing anda dalam melakukan Teknik yang tepat agar tidak menimbulkan cedera.

 

SHARE