5 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Digunakan - Male Indonesia
5 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Digunakan
MALE ID | Story

Bahasa merupakan landasan untuk membuka jalan bagi peradaban. Tanpanya, tidak akan berkembang, dan ini adalah bukti kebutuhan besar umat manusia untuk bertahan dan berkembang. Dan bahasa tentu saja merupakan kekuatan yang mengalir dan selalu berevolusi.

Photo by Kerensa Pickett on Unsplash

Bahasa dibentuk menjadi bentuk lain oleh waktu dan pengaruh. Bahkan bahasa ada yang menghilang dan muncul kembali dalam bentuk baru dan berbeda. Tetapi ada bahasa tertua yang masih digunakan sampai sekarang?

Basque
Bahasa Basque, atau Euskara seperti yang dikenal oleh penuturnya, benar-benar bahasa yang menakjubkan dan satu-satunya di Eropa. Secara luas disepakati dan tentu saja benar, bahwa Basque adalah satu-satunya bahasa Eropa Lama yang tersisa, yang bertahan selama berabad-abad, sementara yang lain menghilang sebelum penyebaran bahasa Indo-Eropa.

Bahasa ini masih dituturkan di Negara Basque, sekarang wilayah ini adalah Euskal Herria. Bahasa Basque masih memeiliki sekitar 750.000 penutur asli, dan sekitar 1.185.000 penutur pasif. Negara Basque adalah rumah bagi orang-orang Basque, daerah yang melintasi perbatasan Spanyol dan Prancis, berpusat di sekitar Teluk Biscay. 

 
 

Sebuah teori menarik menghubungkan Basque dengan bahasa-bahasa pegunungan Kaukasus, seperti Chechnya dan Georgia, yang juga unik.

Kartvelian
Berasal dari wilayah Pegunungan Kaukasus Selatan, bahasa-bahasa Kartvelian jelas merupakan bahasa tertua yang masih digunakan. Mereka terdiri dari Georgia, Svan, Zan, Mingrelian, dan Laz. Kartvelian adalah salah satu keluarga bahasa utama dunia, dan benar-benar unik dalam banyak aspek, bertahan di wilayah pegunungan ini selama berabad-abad yang tak terhitung jumlahnya.

Isolasi geografis dari suku-suku yang tinggal di sini, memungkinkan untuk pengembangan masyarakat unik yang tidak terganggu yang nantinya akan mendominasi wilayah tersebut. Bahasa Georgia memiliki bentuk tulisan paling awal yang berasal dari 430 Masehi. 

Namun bahasanya sendiri tentu jauh lebih tua. Keluarga bahasa ini tidak berhubungan dengan yang lain di dunia, dan memiliki sekitar 5,2 juta penutur di seluruh dunia. Bentuk paling awal yang direkonstruksi disebut Proto-Kartvelian, mencapai jauh ke masa lalu dan menunjukkan pinjaman dan pengaruh tertentu pada Proto-Indo-Eropa.

Tamil
Tamil adalah bagian dari bahasa Dravida, dan dituturkan oleh orang-orang Tamil, yang berasal dari bagian paling selatan dari anak benua India. Ini juga merupakan salah satu bahasa klasik tertua yang masih digunakan saat ini. Di negara bagian Tamil Nadu, India, bahasa tamil adalah bahasa resmi, menambah kekayaan dialek dan bahasa yang digunakan di India.

Bahasa tamil tidak memiliki hubungan 'secara genetis' dengan bahasa India yang dominan di India, yaitu bahasa Indo-Eropa, dan juga tidak dapat dipahami oleh orang-orang Hindi. Bahasa tamil memiliki sekitar 75 juta penutur asli di seluruh dunia. Bentuk tulisan paling awal berasal dari 300 SM, membuatnya berusia lebih dari 2000 tahun. 

Arab 
Bahasa Arab termasuk dalam kelompok bahasa Semit, dan tentu saja di antara yang tertua yang masih digunakan. Meskipun mencakup banyak sub-kelompok dan varian, ia disatukan dalam bentuk standar dari Bahasa Arab Klasik, sebuah lingua franca dari dunia Arab. Di antara bahasa tertulis tertua, beberapa prasasti berasal dari 125 Masehi.

Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana bahasa negara penakluk yang kuat dapat memantapkan dirinya di wilayah yang luas dan bertahan selama berabad-abad dalam bentuk aslinya. Dengan penyebarannya, ia memengaruhi banyak bahasa modern di seluruh dunia, meninggalkan kata-kata pinjaman di mana pun ia pergi.

Cina
Semua tahu bahwa sejarah Tiongkok terbentang jauh ke masa lalu, dan selalu berada di antara peradaban paling maju di Bumi. Bahasa Cina sama-sama tua, dan juga di antara bahasa paling unik di dunia. Ini sangat kompleks, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan.

Bentuk tertulis paling awal dari bahasa Cina berasal dari tahun 1250 SM, menjadikan bahasa Mandarin salah satu bahasa tertua yang masih hidup.

SHARE