Sadio Mane, Pemain Terbaik Afrika Saat Ini - Male Indonesia
Sadio Mane, Pemain Terbaik Afrika Saat Ini
MALE ID | Sport & Hobby

Striker Liverpool Sadio Mane terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019. Ia mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Mohamed Salah (Mesir) dan Riyad Mahrez (Aljazair).

Photo: Hanooz/Wikipedia

Terpilihnya Sadio Mane tak lepas dari performa impresifnya selama setahun terakhir. Ia menjadi salah satu aktor utama di balik keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/2019.

Pada musim itu, Sadio Mane mampu mengemas 30 gol di semua kompetisi. Pada musim ini, pemain 27 tahun itu juga tetap produktif dengan koleksi 15 gol. Mane juga membawa Senegal mencapai final Piala Afrika 2019 sebelum dikalahkan Aljazair. 

Dalam pemilihan tersebut Mane meraih 477 suara, Salah 325 suara, dan Mahrez 267 suara. Penghargaan itu adalah yang pertama bagi Mane dalam kariernya. 

Sejak penghargaan 2017, nama Mane selalu masuk dalam tiga besar. Tetapi kalah dari Salah pada dua tahun terakhir. Gelar tersebut menjadikan Mane sebagai pemain Senegal kedua yang meraih Pemain Afrika Terbaik setelah El Hadji-Diouf pada 2001 dan 2002.

Trofi penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019 diberikan legenda sepak bola Afrika, Samuel Eto'o, yang juga peraih empat penghargaan tersebut.

Photo: Fleets/Wikipedia

Dalam pernyataannya, Mane mengaku menikmati kehidupannya sebagai penggiat lapangan hijau. "Saya sangat senang dan bangga bisa memenangkan penghargaan ini," kata eks penggawa Southampton, dikutip dari ESPN.

"Terima kasih untuk semua orang di Senegal. Mereka selalu mendukung saya. Saya juga berterima kasih untuk pelatih Aliou Cisse, Liverpool, dan semua rekan setim saya di sana," tutur Mane.

"Sepak bola merupakan pekerjaan saya. Saya benar-benar bergembira dan bangga untuk dapat memenangi penghargaan ini," kata Mane seperti dilansir Reuters

Dalam laman Guardian, Mane mengungkapkan bahwa, dirinya lebih senang bermain bola dibandingkan berbicara di depan banyak orang. "Saya sangat senang dan bangga di waktu yang sama," tuturnya.

Bangkit dari Kemiskinan
Dulu Mane kecil sering mengalami kesulitan sebab orangtuanya juga kekurangan. Kini dengan kesuksesannya menjadi bintang sepak bola di Klub Liverpool FC, ia hidup bergelimang harta.

Sebelum bergabung dengan Liverpool, Mane memulai karier juniornya di Metz kemudian memulai karier seniornya di klub tersebut pada tahun 2011. Sempat bergabung dengan Red Bull Salzburg sebelum pada tahun 2014 pindah ke Southampton. 

Pada 2017, barulah ia pindah ke Liverpool dan menjadikannya pemain afrika termahal saat itu, sebelum kemudian pecahkan Mohamed Salah pada musim berikutnya. Bersama liverpool, ia berhasil menjuarai Uefa Champions League pada tahun 2019, dan menjadi pemain Senegal pertama yang memenangkan kejuaraan tertinggi di eropa.

SHARE