Virus Mengerikan yang Sempat Mengancam Dunia - Male Indonesia
Virus Mengerikan yang Sempat Mengancam Dunia
MALE ID | Sex & Health

Menjadi kabar menggemparkan dan mengerikan terjadi di Cina dengan merebaknya virus berbahaya yang bernama Corona. Kemunculannya yang begitu cepat dan tidak diduga memakan banyak korban dan menjadikan wilayah Wuhan, yang dikabarkan menjadi tempat awal menyebarnya virus tersebut terlihat begitu mencekam dan menakutkan.  Dan hingga saat ini angka kematian akibat dari virus tersebut makin bertambah.

Male IndonesiaPhoto by Min An from Pexels

Dan yang semakin menakutkan adalah penyebarannya yang mulai menginvasi negara lain, yang tentu saja menjadi dampak yang buruk jika proses pembasmian virus tersebut tidak segera dilakukan.         

Hanya saja, Virus Corona bukanlah yang pertama menggemparkan dunia dengan efek buruknya. Berikut beberapa virus yang sempat menjadi wabah yang mengancam nyawa:

Virus Marburg
Ilmuwan sudah mengidentifikasi virus Marburg pada tahun 1967, ketika wabah kecil menyerang pekerja laboratorium di Jerman yang terekspos monyet dari Uganda. Virus Marburg ini mirip dengan virus Ebola yang mengakibatkan demam hemoragik. Artinya, penderita mengalami demam tinggi dan pendarahan di tubuhnya yang bisa mengakibatkan kegagalan organ serta kematian. Angka kematian pertama pada wabah ini mencapai 25%, tapi naik menjadi 80% yang terjadi pada tahun 1998-2000 di Kongo.

Flu Spanyol
Flu spanyol disebut-sebut sebagai gelombang flu pertama yang terjadi pada tahun 1918. Wabah flu spanyol ini merupakan salah satu wabah mematikan di dunia. Wabah flu Spanyol terjadi bersamaan pada saat perang dunia ke I. Meskipun dinamakan flu Spanyol, tidak satupun teori yang menyebutkan bahwa virus tersebut berasal dari negara Spanyol.

Virus HIV
Di dunia modern ini, virus paling mematikan masih ditempati oleh HIV. Diestimasi korban meninggal karena HIV berjumlah 36 juta orang saat ditemukannya virus ini pada awal tahun 1980an. Obat-obat an modern memang mampu menahan para penderitanya untuk tetap hidup selama bertahun-tahun.

Virus Lujo
Virus ini mulai mendapatkan nama saat menyerang daerah Lusaka, Zambia dan Johannesburg di negara Afrika Selatan pada tahun 2008. Nama lujo diambil dari dua huruf pertama pada kedua kota tersebut. Saat itu, empat dari 5 orang terjangkit virus lujo dan meninggal dunia. Virus ini diketahui menyebabkan gejala virus ebola seperti pendarahan gusi dan hidung.

Virus Demam Berdarah
Virus demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty pertama kali muncul pada tahun 1950 di Filiphina dan Thailand lalu menyebar ke daerah tropis dan subtropics. Lebih dari 40% populasi di dunia hidup di daerah endemic dengue. Menurut WHO, demam berdarah diderita 50 hingga 100 juta orang per tahunnya. Meskipun angka kematian lebih rendah dari virus lain, demam berdarah dapat menyebabkan penyakit mirip dengan virus ebola dengan mortalitas angka 20% jika tidak dirawat.

Virus Ebola
Virus ini merupakan parasit yang berbahaya dan bersifat menular. Dan yang mengerikan adalah 90 persen korban yang menderitanya bisa mengalami kematian. Dan prosesnya sendiri tergolong cepat, yakni dalam hitungan hari. 

Menurut WHO,  Ebola pertama kali muncul ada tahun 1976 di republik Demokratik Kongo lalu Zaire. Dan setidaknya sudah memakan korban lebih dari 11.000 lebih.


 

SHARE