TikTok Luncurkan Kampanye Melawan Cyberbullying - Male Indonesia
TikTok Luncurkan Kampanye Melawan Cyberbullying
MALE ID | Whats Up

Dengan berkembang dunia digital dan media sosial. Tercipta sebuah fenomena  yang membuat penggunanya merasa tertekan dan merasa tersakiti oleh perkataan atau komen dari para penggua media sosial atau biasa disebut dengan cyber bullying.

Male Indonesia

Bertempat di kantorkuu coworking & office space, Jakarta. Bersamaan dengan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) TikTok, platform video singkat terdepan di dunia, bekerjasama dengan Sudah Dong, sebuah gerakan dan komunitas anti-bullying meluncurkan panduan bertajuk “Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman” untuk ajak pengguna ciptakan lingkungan internet yang positif.

“TikTok menyediakan platform bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Untuk itu, prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia. “Oleh karena itulah kami menciptakan panduan ini, dimana pengguna mendapatkan tips mengenai cara hadapi cyber bullying secara umum, serta fitur-fitur keamanan di TikTok.”

Hasil riset Polling Indonesia bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan ada sekitar 49 persen netizen yang pernah menjadi sasaran bullying di media sosial. Angka ini diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada pengguna internet di Indonesia selama periode Maret hingga April 2019 lalu. Data ini semakin menggambarkan bagaimana pentingnya para pengguna internet, khususnya anak muda, untuk melindungi diri dari cyber bullying.

“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan TikTok dalam kampanye ini, dan dapat memberikan kontribusi kami dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok yang memang didominasi oleh anak muda,” kata Katyana Wardhana, Pendiri Komunitas Sudah Dong. “Panduan ini memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa itu bullying, langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikan aksi bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas, dan juga berbagai fitur keamanan yang tersedia di dalam aplikasi TikTok untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya,” imbuhnya.

Hari Internet Aman Sedunia atau Safer Internet Day pertama diadakan di tahun 2004 sebagai inisiatif dari EU SafeBorders dan kini dirayakan di sekitar 150 negara di seluruh dunia. Hari ini digunakan untuk menekankan penggunaan teknologi yang positif dan untuk mengeksplorasi peran semua pemangku kepentingan dalam menciptakan komunitas internet yang lebih baik dan lebih aman.

Male Indonesia

“Kami mengapresiasi langkah TikTok dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya, dan aktif melawan cyber bullying yang kerap terjadi di tengah perkembangan teknologi saat ini. Hal ini sejalan dengan beberapa program yang kami lakukan dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi dengan melibat seluruh komponen masyarakat, untuk mengkampanyekan Internet yang Sehat dan Aman,” kata Bapak Ferdinandus Setu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Panduan “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman” dapat diakses di website resmi Sudah Dong, mulai tanggal 11 Februari 2020 yang bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia. TikTok juga bekerjasama dengan sejumlah kreator di TikTok untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti-cyber bullying dan dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.

SHARE