Terserang Flu, Bisa Diobati dengan Obat Alami Ini - Male Indonesia
Terserang Flu, Bisa Diobati dengan Obat Alami Ini
MALE ID | Sex & Health

Influenza atau flu adalah infeksi virus pada saluran pernapasan. Flu adalah kondisi yang datang secara tiba-tiba, biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Saat Anda terserang flu, tentunya dapat mengganggu seluruh jadwal Anda dan semua yang ingin Anda lakukan. Anda pun hanya bisa istirahat sepanjang hari di tempat tidur.

Kebanyakan orang bergantung pada obat antivirus yang diresepkan untuk mendapatkan bantuan dari gejala flu. Tetapi, Anda juga bisa mencoba beberapa solusi alami. Sepeti dilansir Times of India, berikut solusi alami yang dapat membantu Anda saat terserang flu.

Madu
Madu memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan beberapa bakteri dan virus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu adalah obat yang efektif untuk mengobati flu. Anda bisa memasukkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk.

 
 

Minyak Atsiri
Minyak atsiri juga efektif ketika menderita flu. Minyak melawan flu dengan menghentikan atau mengurangi laju virus berkembang biak di dalam tubuh. Kayu manis, peppermint, lemon, eucalyptus dan minyak thyme dianggap terbaik saat menderita flu.

Jangan mengonsumsi minyak esensial. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak pembawa dan mengoleskannya di tenggorokan atau Anda bahkan dapat menyebarkan minyak esensial ke udara dengan bantuan diffuser.

Bawang Putih
Bawang putih adalah makanan super yang digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Ini mengandung allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu membunuh virus dan bakteri.

Sesuai penelitian, bawang putih tidak hanya mencegah seseorang jatuh sakit tetapi juga mengurangi keparahan gejala. Sertakan bawang putih dalam makanan Anda untuk manfaat kesehatan.

Tingkatkan Asupan Seng
Mengonsumsi makanan yang kaya akan seng ketika terserang flu juga dapat membantu meringankan gejalanya. Nutrisi ini membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah putih, yang melawan kuman dan virus asing dan penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengambil suplemen seng atau makan makanan yang kaya nutrisi ini untuk meringankan. Daging merah, kerang, lentil, buncis, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur adalah beberapa makanan yang dikemas dengan seng.

Air Garam
Membilas dengan air garam dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membersihkan lendir di dada. Ramuan air garam menciptakan efek osmosis dan menarik cairan dari tenggorokan. Ini memecah lendir, menghilangkan iritasi dan membersihkan tenggorokan. Tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur tiga kali sehari untuk pemulihan yang cepat.

SHARE