Perlukah Atasan Tahu Tentang Masalah Pribadi Anda - Male Indonesia
Perlukah Atasan Tahu Tentang Masalah Pribadi Anda
MALE ID | Works

Baik saat Anda putus cinta, berduka, atau berurusan dengan sesuatu yang lebih serius, masalah pribadi akan selaluada ketika Anda sedang bekerja. Saat masalah itu datang, tentu tidak hanya memengaruhi suasana hati Anda, tetapi juga kinerja Anda. Lalu apakah perlu masalah pribadi Anda diberitahu ke atasan Anda?

Photo by Johanna Buguet on Unsplas

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memberitahu atasan tentang persoalan pribadi Anda, termasuk apakah masalah dalam diri Anda itu mempengaruhi pekerjaan Anda. Sebelum Anda bercerita kepada atasan, seperti dikutip dari laman The Muse, baiknya Anda bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini lebih dahulu.

Apakah Ada Sesuatu yang Anda Butuhkan di Tempat Kerja?
Mungkin Anda membutuhkan beban kerja yang lebih ringan atau ruang kerja yang lebih pribadi di mana Anda dapat menghindari berada di dekat orang lain sebentar. 

Penting untuk memberi tahu manajer Anda tentang masalah pribadi Anda jika ada sesuatu yang Anda butuhkan di tempat kerja. Jadi pikirkan akomodasi atau permintaan apa pun yang Anda butuhkan sebelum membuka percakapan. Tetapi, jika Anda bingung apa yang Anda ingingkan, lebih baik jangan bercerita ke atasan Anda.

 
 

Adakah Sesuatu Yang Bisa Dilakukan Atasan Anda?
Setelah memutuskan apa yang mungkin Anda butuhkan sebagai akibat dari masalah pribadi Anda, Anda harus mencari tahu apakah itu sesuatu yang benar-benar dapat membantu atasan Anda. 

Apakah atasan Anda memiliki kekuatan untuk memberi Anda lebih banyak waktu cuti, mengurangi kelonggaran Anda dalam suatu proyek, atau untuk sementara mengalihkan beberapa pekerjaan Anda ke orang lain? Jika demikian, bawalah dilema Anda kepada mereka.

Apakah Ini Mempengaruhi Pekerjaan Anda?
Manajer yang baik ingin tahu apa yang mengganggu Anda ketika itu memengaruhi kinerja Anda. Jika mereka tidak tahu alasannya, mereka mungkin berpikir Anda malas, kehilangan minat pada pekerjaan, atau melakukan tujuan dengan buruk. 

Jadi, jika masalah ini secara langsung atau tidak langsung berdampak pada apa yang Anda lakukan sehari-hari di tempat kerja, bicaralah. Bahkan hanya memberi tahu atasan Anda bahwa Anda sadar bahwa pekerjaan Anda belum maksimal akan menjadi berita baik. 

Tetapi jika Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda meski masalah rumit pribadi Anda menbelenggu, lebih baik bicarakan dengan teman Anda sebagai gantinya.

Seperti Apa Bos Anda?
Memiliki batasan di tempat kerja itu penting, tetapi jika bos Anda memiliki track record tidak menghakimi tentang masalah pribadi karyawan, mungkin boleh saja membicarakan apa yang sedang terjadi. Orang-orang yang sangat dekat dengan manajer mereka mungkin menemukan bahwa bos mereka adalah seseorang yang dapat mereka andalkan pada saat dibutuhkan.

Jika hubungan Anda sedikit kurang jelas, pertimbangkan dulu baik-baik lebih dahulu. Seberapa banyak Anda tahu tentang atasan Anda dan kehidupan mereka di luar pekerjaan? Jika banyak, kemungkinan besar dapat diterima untuk melanjutkan dan membagikan masalah Anda sendiri.

Tetapi jika bos Anda tidak pernah mengungkapkan apa pun tentang kehidupan pribadi mereka atau menyatakan minat untuk mengetahui tentang kehidupan orang lain, atasan Anda tidak tertarik untuk mendengar tentang kehidupan Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa dapat dipercaya mereka, terutama jika Anda ingin menjaga masalah pribadi Anda tetap tersembunyi. Jika bos Anda tahu cara bersikap diam-diam, pertimbangkan untuk berbagi masalah Anda dengan mereka. 

SHARE