Film Perang Terbaik dengan Latar Sejarah - Male Indonesia
Film Perang Terbaik dengan Latar Sejarah
MALE ID | News

Film perang "1917" sedang hangat dibicarakan belakangan ini. Karena film yang baru saja tayang di bioskop ini sukses mengalahkan film "Joker" dalam penghargaan BAFTA Awards 2020 yang berlangsung di Royal Albert Hall di London, awal Februari 2020 lalu.

Photo: imdb

Perlu diketahui, film "1917" ini mengambil latar Perang Dunia ke-1 dan disutradari oleh Sam Mendes. Fokus ceritanya yakni pada puncak PD 1 selama musim semi di tahun 1017 di Prancis Utara.

Kisahnya, ada dua tentara muda Inggris, Schofield (George MacKay) dan Blake (Dean-Charles Chapman), yang diberi tugas. Mereka berdua harus melintasi wilayah kekuasaan Jerman untuk menyampaikan pesan penting kepada resimen tentara Inggris. Bila pesan tersampaikan, mereka bisa mencegah kematian sekitar 1.600 tentara, salah satunya kakak Blake. 

Nah, selain film "1917", masih ada beberapa film perang dengan latar sejarah perlu Anda tonton. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini lima film perang terbaik dengan latar sejarah.

1. Dunkirk (2017)


Disutradarai oleh Christoper Nolan, Dunkirk bercerita tentang pasukan sekutu yang terdesak di Kawasan Dunkrik, Prancis. Desakan pasukan Jerman membuat pasukan sekutu harus terpojok dan memaksa Amerika Serikat harus menarik pasukan dari medan perang. 

Situasi dan rasa frustasi akibat dalam posisi terpojok membuat Dunkirk sangat intens. Ditambah lagi, Dunkirk merupakan film perang pertama dari Harry Styles, eks-One Directions.

2. Pearl Harbor (2001)


Pearl Harbor bercerita tentang serangan bom yang dilepaskan oleh militer Jepang ke pangkalan militer Amerika Serikat di Hawaii bernama Pearl Harbor. Kejadian ini menjadi salah satu aksi pengeboman yang paling mengerikan, karena menewaskan ratusan tantara dan warga sipil Amerika Serikat.

Berangkat dari kejadian memilukan tersebut, Michael Bay dan Jerry Bruckheimer menciptakan karya film perang terbaik yang masih layak Anda tonton sampai sekarang.

3. Fury (2014)


Film yang dibintangi Brad Pitt ini tidak menampilkan banyak adegan peperangan seperti film-film lainnya. Mengapa? Karena Fury banyak mengambil adegan di dalam tank. 

Jelas saja, karena Fury bercerita tentang seorang tentara bernama Don Collier dan empat orang anak buahnya yang mengendarai sebuah tank yang diberi nama Fury.

Don Collier diberi tugas untuk memimpin pasukan tank lainnya untuk menjaga sebuah area persimpangan yang akan dilewati pasukan Nazi Jerman. Namun sampai pada akhirnya hanya Fury tank yang tersisa dengan 5 orang awak di dalamnya.

Meskipun tidak mendapatkan penghargaan maupun nominasi Oscar, namun film garapan David Ayers ini mendapatkan respon positif dari para pelaku dan kritikus film Hollywood.

4. Hacksaw Ridge (2016)


Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang seorang prajurit yang bernama Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Garfield. Desmond Doss terjun ke medan perang sebagai tenaga medis, dan menolak untuk membawa senjata. Namun keputusannya yang menolak membawa senjata membuatnya dianggap membangkang dan ditangkap.

Kesuksesan salah satu film perang terbaik ini dibuktikan dengan raihan 2 penghargaan yaitu Best Film Editing dan Best Sound Mixing dari 6 nominasi yang diterimanya pada Oscar tahun 2017.

5. American Sniper (2014)


Film yang dibintangi dan diproduseri oleh Bradley Cooper ini menjadi salah satu film bertemakan sniper yang paling populer. American Sniper diambil dari kisah nyata tentang Chris Kyle, seorang penembak jitu Amerika Serikat yang sampai saat ini dijuluki ‘The Deadliest Marksman’ dalam sejarah militer Amerika.

American Sniper bercerita tentang Chris Kyle dan Navy SEAL yang sedang melakukan invasi ke Irak. Di Irak, ia harus berhadapan dengan penembak jitu Irak yang merupakan pemegang medali emas cabang olahraga menembak.

Secara komersil film perang terbaik ini menuai $534 juta. Selain itu, film garapan Clint Eastwood ini juga meraih satu piala Oscar kategori Best Sound Editing.

SHARE