5 Tips Trik untuk Bisa Menurunkan Hipertensi - Male Indonesia
5 Tips Trik untuk Bisa Menurunkan Hipertensi
MALE ID | Sex & Health

Jangan pernah sepelekan penyakit hipertensi alias penyakit darah tinggi. Penyakit yang ditandai dengan gejala seperti sakit kepala parah, kelelahan, detak jantung tak teratur, dan nyeri dada ini sering disebut dengan “pembunuh diam-diam” karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang.

Photo: Pxhere.com

Perlu diketahui juga, hipertensi bisa mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa layaknya penyakit jantung. Artinya, jika tidak terdeteksi dini dan terobati tepat waktu, hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi serius penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, diabetes, dan banyak penyakit berbahaya lainnya. 

Sebagai informasi, penyakit stroke (51%) dan penyakit jantung koroner (45%) merupakan penyebab kematian akibat hipertensi tertinggi di Indonesia.Yang mengejutkan, penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angkanya terus meningkat secara global. Bahkan pada tahun 2025, pengidap hipertensi diprediksi melonjak hingga 29 persen secara global.

Peningkatan kasus hipertensi juga terjadi di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan bahwa 25,8 persen penduduk Indonesia memiliki tekanan darah tinggi. Riset ini diperkuat dengan Laporan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) yang menunjukkan angka pengidapnya meningkat jadi 32,4 persen. 

Ini artinya ada peningkatan sekitar tujuh persen dari tahun-tahun sebelumnya. Angka pasti di dunia nyata mungkin bisa lebih tinggi dari ini karena banyak orang yang tidak menyadari mereka memiliki tekanan darah tinggi.

Tips dan Trik
Meskipun sangat mengkhawatirkan, namun penyakit ini sebenarnya bisa di kontrol dengan merubah gaya hidup, dan berkonsultasi dengan dokter ahli. Prinsipnya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, sebelum terlanjur menderita penyakit darah tinggi, ada cara yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tambahkan Bumbu, Bukan Garam
Sudah jadi rahasia umum bila konsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah, oleh karena itu usahakan untuk tidak menambahkannya ke makanan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan rasa dalam masakan, bisa dengan menambahkan sedikit anggur merah di semur dan casserole, taburi bumbu, rempah-rempah dan madu pada masakan. Usahakan untuk selalu mengecek kandungan garam dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari seperti sereal atau roti.

Menurunkan Berat Badan
Orang-orang yang bermasalah dengan berat badan berlebih memiliki resiko yang lebih besar terkena hipertensi ketimbang mereka yang memiliki berat badan normal. Karena itu, untuk menghindari resiko hipertensi usahakan untuk menurunkan berat badan sebesar 2,2 kg. 

Meski tidak banyak, namun penurunan 2,2 kg ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menurunkan resiko hipertensi. Mulailah dari cari sederhana seperti mengolah daging dengan cara di bakar, menambahkan buah kering ke dalam sereal, serta mengganti air gula menjadi air putih.

Mengkonsumsi Makanan Kaya Kalium
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko hipertensi adalah dengan mengonsumsi makanan kaya kalium seperti kacang putih, sayuran berdaun gelap, tuna, pisang, dan kentang (dengan kulitnya). Konsumsi makanan ini akan membantu ginjal membuang kelebihan cairan dan natrium dari aliran darah, sehingga mengurangi tekanan darah.

Olahraga Ringan
Berolahraga secara teratur membantu menurunkan tekanan darah dan menguatkan hati. Olahraga apa saja? Bisa dengan berjalan, jogging, menari, berenang, atau bersepeda. Lakukan aktivitas sederhana ini selama 30 menit, lima kali dalam seminggu.

Tarik Napas Dalam-dalam
Tahukah jika stress bisa meningkatkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang bermasalah dengan hipertensi? Karena itu usahakan untuk menghindari stress dengan cara melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam. Selain itu olahraga dan tidur yang cukup juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stres.

SHARE