Jangan Berhutang Buat Penuhi Keinginan Liburan - Male Indonesia
Jangan Berhutang Buat Penuhi Keinginan Liburan
MALE ID | Relax

Banyak alasan mengapa setiap orang terkadang selalu ngebet ingin liburan, salah satu paling umum adalah untuk menghilangkan penat rutinitas. Tapi ada salah satu larangan ketika Anda ingin liburan yang nyaman dan rileks, yakni jangan berhutang.

Photo by Kira auf der Heide on Unsplas

Saat ini memang ada banyak fitur yang menawarkan cara berlibur yang menunda proses pembayaran. Tetapi sebaiknya hindari. Dana liburan dari dana sendiri yang sudah disisihkan ataupun misalnya ada dari bonus yang belum ada prioritas lain yang lebih penting adalah yang terbaik.

Seorang perencana keungan lebih menyarankan untuk menyesuaikan dana dengan target liburan. Sehingga diharapkan cukup membiayai selama liburan. Jadi, bagaimana pun cara perginya, tetap jangan sampai menyusahkan keuangan. 

Perhatikan dana yang dimiliki. Karena ini adalah liburan, maka biaya liburan yang mencakup lokasi, tempat menginap dan lainnya harus disesuaikan dengan bujet. Mengapa di sinilah pentingnya Anda menyiapkan dana jauh-jauh hari.

Jika ada bujet sekitar Rp 2 juta, maka pilih staycation atau vacation yang tidak terlalu jauh. Pilih juga tempat menginap yang tidak terlalu merogoh kocek, seperti menginep di hotel bintang 3 atau sesuai bujet dan tidak makan di restoran. Jangan sampai bujet Rp 2 juta tapi liburan harus ke luar negeri.

Prinsipnya, untuk berlibur, tidak sampai memaksakan diri. Jika dana yang didapat pas-pasan untuk sehari-hari saja, maka bersabar dulu mengumpulkan biaya berlibur.

Liburan Tanpa Hutang, Ini Caranya
Selain mengumpulkan dana jauh-jauh hari, Anda masih bisa memperhatikan hal-hak berikut ini, sehingga liburan Anda bisa terhindar dari hutang.

Cek Destinasi Lewat Internet Lebih Dahulu
Gunakan internet untuk mengecek sebuah destinasi liburan. Mulai dari akomodasi, transportasi, makan minum, hingga dana tak terduganya. Biaya untuk liburan dalam dan luar negeri pasti berbeda. Tentukan yang paling sesuai dengan anggaran.

Jangan Paksakan Beli Oleh-oleh
Bukan orang Indonesia kalau tidak pulang liburan tanpa bawa oleh-oleh. Siapkan anggarannya sesuai kemampuan. Jangan paksakan diri untuk membeli oleh-oleh jika dana tidak ada.

Hindari Kartu Kredit
Kartu kredit sebaiknya dijadikan metode pembayaran terakhir. Kartu kredit bisa memicu pengeluaran jadi bengkak.

Tabungan Khusus
Setelah perencanaan dibuat bisa menyiapkan akun khusus untuk dana liburan. Jika liburan masih lama, sisihkan sebagian pendapatan hingga mencapai angka yang dibutuhkan untuk liburan.

SHARE