6G Sedang Dipersiapkan, Segini Kecepatannya - Male Indonesia
6G Sedang Dipersiapkan, Segini Kecepatannya
MALE ID | Digital Life

5G merupakan koneksi internet generasi berikutnya setelah 4G (LTE). Teknologi tersebut menawarkan kecepatan mengunduh dan mengunggah data yang jauh lebih cepat. BBC melaporkan bahwa, jaringan 5G mampu mendukung penggunaan teknologi-teknologi yang lebih canggih seperti Augmented Reality dan Internet of Things.

Photo by Thomas Jensen on Unsplas

Jaringan 5G juga dibutuhkan untuk kendaraan otonom untuk berkomunikasi satu sama lain dan membaca peta langsung dan data lalu lintas. Selain itu, bagi pengguna seluler nantinya mampu menonton video tanpa jeda dan bermain game dengan lebih lancar.

Teknologi 5G juga bisa mempermudah gelaran esport untuk game-game berat yang membutuhkan koneksi tinggi. 5G mengemas teknologi radio baru. Pengguna mungkin tidak memperhatikan kecepatan yang jauh lebih tinggi pada awalnya karena 5G kemungkinan akan digunakan oleh operator jaringan sebagai cara untuk meningkatkan kapasitas pada jaringan inti 4G yang ada.

Jika dibandingkan, jaringan seluler 4G tercepat saat ini menawarkan rata-rata sekitar 45Mbps (megabit per detik). Pembuat chip Qualcomm menganggap 5G dapat mencapai kecepatan penelusuran dan unduhan sekitar 10 hingga 20 kali lebih cepat. Ini akan memungkinkan pengguna mengunduh film definisi tinggi dalam satu menit atau lebih.

 
 

6G Disiapkan dan Kecepatannya Fantastis
Melihat kecepatan saja membayangkannya sudah luar biasa. Tapi tahukah Anda, bahwa 6G kini sedang dipersiapkan dan diperkirakan kecepatannya jauh lebih fantastis dari 5G.

6G kini sedang dikembangkan oleh Kementerian Sains dan Teknologi China. Menurut Dr Mahyar Shirvanimoghaddam dari University of Sydney, kecepatan 6G bisa mencapai 1 terabyte per detik. Ini artinya sekira 8.000 kali kecepatan yang dicapai 5G.

China telah membentuk dua kelompok kerja untuk mengawasi penelitian di sekitar 6G. Melansir Giz China, salah satu kelompok terdiri dari beberapa eksekutif dari kementerian sektor terkait.

Mengingat bahwa 5G masih dalam masa pertumbuhan. Dibutuhkan sekitar 10 tahun untuk mengembangkan jaringan generasi baru. Aliran ini akan membuka pintu bagi jenis penggunaan yang sepenuhnya baru dan merevolusi hubungan manusia dengan teknologi.

Era 6G, misalnya, dapat menawarkan perspektif baru dalam hal antarmuka otak-komputer. "Sebagai contoh, mungkin untuk menggunakan perangkat melalui otak kita," kata Dr Mahyar Shirvanimoghaddam.

Adapun penggunaan internet sehari-hari. Untuk menempatkannya dalam perspektif, penyiaran Netflix dalam definisi tertinggi membutuhkan 56 gigabit data per jam. Dengan 6G, Anda dapat mengunduh lebih dari 142 jam video berkualitas tinggi setiap detik.

SHARE