Indahnya Matematika di Novel Terbaru Andrea Hirata - Male Indonesia
Indahnya Matematika di Novel Terbaru Andrea Hirata
MALE ID | Whats Up

Siapa yang tidak mengenal karya Indah Andrea Hirata, yang mengawali pesonanya melalui novel Laskar Pelangi dan beberapa karya sastra populer lainnya.

Andrea Hirata-Male Indonesia

Berlokasi di 2Madison Cafe & ArtSpace, yang menjadi saksi momen bersejarah bagi Andrea yang mengumumkan kehadiran novel terbarunya yang berjudul  Guru Aini.

Novel yang secara garis besar, menceritakan mengenai seorang guru yang mengajar matematika di daerah pelosok dan bertemu dengan sosok unik bernama Aini,yang sulit memahami matematika, namun punya semangat tinggi untuk bisa.

Dalam novel tersebut, Andrea menjadikan dunia pendidikan, matematika, dan cara pandang dalam melihat sesuatu yang sulit namun tetap semangat saat menghadapinya,  menjadi bumbu utama yang disajikan novel terbaru ini. Dan yang paling penting adalah mengubah penampilan dari matematika di mata banyak orang, khususnya anak-anak.

“Semua dalam hidup secara disadari maupun tidak, selalu berhubungan dengan matematika,”ujar Pak Cik, sapaan akrab dari Andrea Hirata.

Selain menekankan pada sisi pendidikan, Andrea juga menegaskan rasa yang diberikan oleh novel terbarunya ini yang begitu ‘sumatera’ atau melayu yang kental dirasakan dari budaya dan adat istiadat. Termasuk gaya lisan khas Sumatera yang dirasakan jelas dari setiap gaya bicara tokoh yang ada di novel ini.

Andrea Hirata-Male Indonesia

Diceritakan lebih lanjut, bahwa proses  menulis buku ini hanya memakan waktu 2 minggu saja. Akan tetapi secara keseluruhan yakni proses dan riset, setidaknya membutuhkan lebih dari 3 tahun untuk bisa merampungkannya. Khususnya bagian pembahasan matematika dalam paragraf novelnya yang membutuhkannya untuk membaca belasan hingga puluhan buku matematika.

Bagaimana MALEnials? Tertarik untuk melihat kisah baru yang dipersembahkan Andrea Hirata melalui di novel terbarunya. Anda tak perlu menunggu lama, karena novelnya sudah tersedia di toko- toko buku terdekat bersama dengan beberapa terbitan baru karya sebelumnya, seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Buku besar peminum kopi, Ayah dan sirkus pohon, orang-orang biasa, dan Mozaik-mozaik terindah.

Apabila ingin mendapatkan sebuah kisah lengkap, pihak penerbit Bentang Pustaka juga menyediakan kemasan boxset.

SHARE