Saatnya Kurangi Parkir Mobil di Tempat Miring - Male Indonesia
Saatnya Kurangi Parkir Mobil di Tempat Miring
MALE ID | Sport & Hobby

Terkadang dalam situasi tertentu Anda terpaksa parkir mobil di tempat miring, atau di bahu jalan yang permukaannya tidak rata. Sehingga membuat mobil terpakir miring. 

Photo by Free To Use Sounds on Unsplas

Untuk sesekali waktu boleh lah-hal tersebut dilakukan karena kondisi memang darurat. Tapi jangan sampai dilakukan berulang-ulang hingga jadi kebiasaan karena bisa berdampak buruk bagi kendaraan.

Mengutip dari berbagai sumber, risiko jangka panjang parkir miring akan berimbas kepada suspensi mobil. Misalnya, apabila mobil sering parkir miring ke kiri, maka suspensi sebelah kiri umur pakainya akan semakin cepat karena menopang beban mobil lebih banyak.

Sama juga halnya dengan parkir di jalan menurun, yang akan membuat suspensi bagian depan menjadi cepat aus serta memerlukan perawatan lebih cepat dibanding suspensi belakang.

 
 

Saat parkir di bidang menurun atau miring, salah satu bagian suspensi mobil dipaksa bekerja keras dan menekan terus-menerus. Berbeda halnya bila mobil parkir di permukaan datar, beban mobil terbagi rata ke semua bagian suspensi sehingga membuatnya bebas dari tekanan. 

Selain suspensi, komponen mobil yang juga akan mengalami gangguan adalah bagian rem. Beban yang ditopang oleh salah satu bagian mobil membuat rem akan menerima tekanan lebih berat dibanding bagian lainnya. 

Dampaknya, kanvas rem dapat menjepit roda dengan kencang dan lengket, lalu membuat perputaran ban terasa berat karena kanvas rem yang menempel tersebut. Tentunya, itu membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat berkendara.

Solusi Parkir Aman dan Nyaman
Meski ada banyak area kosong yang cukup untuk parkir mobil, tidak semuanya aman dan bikin nyaman. Malah ada juga tempat yang sebaiknya tidak dipakai buat parkir. Berikut beberapa solusi parkir mobil yang aman.

Pertama
Tempat paling aman untuk parkir adalah tempat parkir resmi yang memang disediakan untuk parkir. Selain bidangnya datar, parkir di tempat resmi umumnya mendapat penjagaan dari security.

Kedua
Parkirkan mobil di bidang datar, tidak miring seperti di atas untuk meminimalkan masalah pada suspensi karena tekanan yang berat sebelah.

Ketiga
Hindari parkir di bawah objek besar agar terhindar dari risiko kejatuhan. Misalnya parkir di bawah pohon besar saat musim hujan dan angin, atau di bawah papan reklame.

Keempat
Jangan parkir di bahu jalan karena tempat ini sarat risiko dan hanya boleh dimanfaatkan saat kondisi darurat. Terkecuali jika bahu jalan memang disediakan sebagai area parkir ditandai dengan adanya rambu-rambu parkir, Anda boleh parkir di situ dengan tetap mengikuti aturan.

Kelima
Tidak parkir di tempat sepi untuk menghindari potensi tindakan kriminal para penjahat. Terlebih jika di dalam mobil terdapat barang-barang berharga yang tertinggi dan terlihat dari luar, potensi tindak kejahatan orang lain semakin besar.

SHARE