Bahaya Kecanduan Kopi, Perlukah Untuk Berhenti? - Male Indonesia
Bahaya Kecanduan Kopi, Perlukah Untuk Berhenti?
MALE ID | Sex & Health

Menikmati kopi sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Apalagi kini semakin banyak kedai kopi hadir di setiap sudut kota, dengan penawaran dan keberagaman bentuk dan rasa yang menarik. Namun, bukan berarti Anda bisa dengan bebas mengonsumsinya. Selain tersimpan bahaya dari gula yang ada di setiap minumannya. Di sisi lain Anda juga harus memperhatikan kadar kafein yang telah dikonsumsi.

Male IndonesiaPhoto by Chevanon Photography from Pexels

Kopi diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti dapat mencegah parkinson, diabetes, dan beberapa penyebab kanker. Dengan kata lain, mengonsumsi kopi punya kelebihan yang baik bagi tubuh Anda.

Disisi lain, kopi juga memiliki pengaruh buruk jika Anda termasuk pihak yang mengonsumsinya lebih dari 4 cangkir sehari atau bahkan 6 cangkir. Karena seiring waktu kadar toleransi setiap individu akan semakin tinggi terhadap kafein, maka dari itu memungkinkan seseorang untuk bisa mendapatkan efek dari kopi membutuhkan lebih dari satu cangkir.

Dilansir dari Myfitnesspal, dalam kutipan American Journal of Clinical Nutrition, bahwa konsumsi kopi berlebihan punya efek peningkatan terhadap penyakit jantung.  Dengan beberapa efek seperti kegugupan, Insomnia, dan sakit kepala merupakan tanda bahwa Anda sudah tahap kecanduan.

Untuk itu, tidak ada salahnya Anda untuk berhenti mengonsumsi kopi untuk beberapa waktu .

Dijelaskan lebih lanjut, berhenti konsumi kopi atau detox kopi pada awalnya sedikit sulit. Ada perasaan gelisah dan pusing, biasanya dirasakan oleh Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi secara berlebihan. Tapi disisi lain, ada peningkatan di beberapa aspek yakni Anda bisa kembali tidur dengan nyenyak, tekanan darah kembali normal, hingga efek tenang yang dirasakan setelah terbiasa untuk tidak mengonsumsi kopi.

Bila kesulitan untuk berhenti, cobalah untuk setidaknya mengurangi hingga akhirnya Anda memang secara keseluruhan menjalani detox kopi.

Lalu apakah Anda tidak boleh kembali mengonsumsinya ? tentu saja boleh. Karena setelah beberapa waktu tidak minum kopi. Badan Anda akan terbiasa, termasuk kadar toleransi Anda terhadap kopi kembali normal, sehingga Anda tak perlu lagi minum kopi hingga beberapa gelas dalam sehari untuk mendapatkan efek positif tanpa efek negatifnya.
 

SHARE