7 Cara Pencegahan Penularan Virus Corona - Male Indonesia
7 Cara Pencegahan Penularan Virus Corona
MALE ID | Sex & Health

Virus corona atau coronavirus perlu diwaspadai karena bisa menular dari manusia ke manusia. Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut, coronavirus atau virus corona adalah keluarga dari virus yang bisa menyebabkan flu, MERS, dan SARS.

Photo by Zhipeng Ya on Unsplash

Seperti diketahui virus corona ini awalnya menyebar di Wuhan, kemudian menyebar ke ke Beijing, Shanghai, dan kota-kota lain. Bahkan, negara tetangga China seperti kata Korea Selatan, Thailand, Jepang, dan Singapura sudah terpapar virus yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan nama 2019-nCoV.

Bahkan, penyebarannya kini sudah ke Australia dan Malaysia. Meski begitu, Anda yang khawatir akan terjangan virus ini, bisa diatasi dengan beberapa langkah untuk pencegahan. 

Jika Anda sudah mengalami gejala coronavirus atau dinyatakan kena coronavirus tetapi tidak harus dirawat di rumah sakit, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Mengutip laman cdc.gov, berikut ini cara pencegahan yang bisa Anda lakukan.

 
 

Tetap di Rumah
Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah Anda, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Jangan pergi bekerja, atau tempat umum, dan jangan menggunakan transportasi umum atau taksi.

Memisahkan Diri
Sebisa mungkin, Anda harus tinggal di ruangan yang berbeda dari orang lain di rumah Anda. Selain itu, Anda harus menggunakan kamar mandi terpisah, jika tersedia.

Hubungi Dulu Sebelum Mengunjungi Dokter
Sebelum janji medis Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki, atau sedang dievaluasi untuk, infeksi 2019-nCoV. Ini akan membantu kantor penyedia layanan kesehatan mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi.

Kenakan Masker Wajah
Anda harus mengenakan sungkup muka ketika berada di ruangan yang sama dengan orang lain dan ketika Anda mengunjungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda tidak bisa memakai sungkup muka, orang-orang yang tinggal bersama Anda harus memakainya saat mereka berada di ruangan yang sama dengan Anda.

Tutupi saat Batuk atau Bersin
Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin, atau Anda dapat batuk atau bersin ke lengan baju Anda. Lempar tisu bekas di tempat sampah yang berjejer, dan segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Cuci Tangan
Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia dan jika tangan Anda tidak terlihat kotor. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

Jangan Sembarangan Berbagi Tempat Makan
Anda tidak boleh berbagi piring, gelas minum, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang-barang lainnya dengan orang lain di rumah Anda. Setelah menggunakan barang-barang ini, Anda harus mencucinya dengan sabun dan air.

Pantau Gejalanya
Cari pertolongan medis segera jika penyakit Anda memburuk (misalnya, kesulitan bernapas). Sebelum pergi ke perjanjian medis Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki, atau sedang dievaluasi untuk, infeksi 2019-nCoV. 

Ini akan membantu kantor penyedia layanan kesehatan mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi. Minta penyedia layanan kesehatan Anda untuk menghubungi departemen kesehatan setempat atau negara bagian.

SHARE