9 Cara untuk Anda yang Ingin Hilangkan Lemak Perut - Male Indonesia
9 Cara untuk Anda yang Ingin Hilangkan Lemak Perut
MALE ID | Looks

Saat perut semakin membuncit, tentu penampilan Anda sedikit kurang maskulin. Anda seolah pria yang rakus dan kurang menjaga otot tubuh Anda. Alhasil semuanya bisa mengganggu penampilan Anda sehari-hari.

Photo by Ehimetalor Unuabona on Unsplas

Selain bisa merusak penampilan, lemak yang berada di perut juga tentu bisa mengganggu kesehatan Anda. Menukil laman Menshealth, Rachel Stahl, R.D di Weill Cornell Medicine, menurutkan bahwa, bila lemak terlalu banyak kinerja organ pun bisa terganggu.

Ahli endokrin Dr. Rasa Kazlauskaite, M.D. di Rush University Medical Center di Chicago, IL. menambahkan, menurutnya jika Anda memiliki lemak di perut, berarti dekat dengan diabetes. Lalu, seberapa besar lemak yang ada di perut Anda? Nah, agar apabila Anda ada rencana untuk mengecilkannya, perhatikan sembilan hal ini.

Kurangi Kalori 
"Anda tidak bisa mengurangi lemak hanya di satu area tubuh, misalnya perut saja,” kata Dr. W. Scott Butsch, M.D., Direktur Obesity Medicine di Cleveland Clinic.

Karenanya, Anda harus fokus mengurangi kalori secara keseluruhan tetapi tetap menjurus kepada penurunan lemak perut. "Penurunan berat badan secara umum akan mengarah pada penurunan lemak perut," kata Butsch.

Kendalikan Stres 
Kortisol (hormon stres) berkaitan dengan persentase kenaikan lemak perut dan berat badan yang lebih tinggi. Menurut sebuah studi tahun 2018 yang dipublikasi dalam Current Obesity Reports, orang yang memiliki kadar kortisol tinggi untuk jangka waktu yang lama berkemungkinan untuk mengalami obesitas perut. 

Butsch mengatakan kegiatan sederhana seperti yoga, meditasi, atau sekadar menghindari konflik dapat membantu menjaga perut agar terhindar dari timbunan lemak.

Konsumsi Protein Lebih Banyak
Protein menurunkan aktivitas di bagian otak yang merangsang keinginan makan. Protein juga meningkatkan hormon yang membuatmu merasa kenyang, sehingga Anda kenyang lebih lama.

Perbanyak Buah dan Sayur
Buah dan sayur mengandung banyak serat. Makanan tersebut akan membuat Anda kenyang dengan sedikit kalori. Untuk itu, Anda dapat mengisi setengah piring dengan sayur atau memulai makan dengan hidangan salad.

Kurangi Minuman Alkohol
Kazlauskaite mengatakan, pria yang ingin mengurangi lemak perut harus memperhatikan berapa banyak alkohol yang mereka konsumsi. “Alkohol perlu dimetabolisme oleh tubuh, sehingga dapat menghentikan secara singkat pembakaran lemak,” katanya.

Perbanyak Gerak
Olahraga tidak membakar kalori sebanyak yang Anda perkirakan. Namun, jika dibantu dengan diet yang sehat, olahraga teratur dapat membantu penurunan kalori secara teratur.

Tambah Latihan Kekuatan
Butsch mengatakan banyak pasiennya yang mengalami penurunan lemak perut ketika mereka menggabungkan latihan kekuatan otot dengan olahraga rutinnya. 

Menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences, pria bertubuh gemuk yang melakukan aerobik dan memasukkan latihan kekuatan otot ke dalam rutinitas olahraganya dapat menghilangkan lemak perut dalam jumlah banyak.

Konsumsi Gula Hanya dari Makanan
Makan apel berbeda dengan minum segelas jus apel, jelas Kazlauskaite. “Jika mengonsumsi buah asli Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi seperti serat,” ucap Kazlauskaite. Selain itu, proses mengunyah ketika mengkonsumsi buah asli lebih lama sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang. 

“Ketika Anda makan apel, Anda makan lebih lambat," kata Kazlauskaite. "Tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mencernanya."

Kurangi Minuman Manis
"Gula dari jus, soda, minuman boba, dengan cepat diserap ke dalam aliran darah dan memacu insulin," kata Kazlauskaite. 

Kelebihan gula juga akan disimpan sebagai lemak. Menurut penelitian Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit, sering mengonsumsi minuman manis dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2.

SHARE