5 Gangguan Mental yang Rentan Menyerang Pria - Male Indonesia
5 Gangguan Mental yang Rentan Menyerang Pria
MALE ID | Sex & Health

Gangguan mental adalah tantangan utama bagi setiap orang. Mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, tanggung jawab keluarga dan sebagainya menjadi faktor bertambahnya tingkat stress kaum pria. Para ahli kesehatan mental mengatakan bahwa pria lebih mudah terserang gangguan mental. Forum kesehatan mengatakan bahwa 4 dari 5 kasus bunuh diri kerap dilakukan oleh pria.

Photo by Armin Lotfi on Unsplash

Lalu, gangguan mental apa saja yang sering mengganggu pria?

Obbesive – Compuisive Disorder (OCD)

Menurut data di Amerika OCD lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Gangguan ini ditandai dengan keinginan untuk menjadi sempurna. Pada gangguan ini, sering terjadi suatu keinginan yang terjadi secara berulang-ulang. Gangguan ini tergolong dalam gangguan kecemasan yang dapat diperburuk dengan stress, dan banyak pikiran. Itu sebabnya pria lebih mudah terserang OCD dibandingkan wanita karena pria memiliki tingkat stress yang cukup tinggi dalam pekerjaan atau lingkungannya. Namun demikian, kelainan ini dapat diatasi denga psikoterapi dan bila perlu dengan obat-obat an dokter.

Skizofrenia

Skizofrenia adalah sebuah gangguan jiwa yang menyebabkan penderita mengalami halusinasi hingga terjadinya perilaku. Pria yang mengidap Skizofrenia sulit membedakan pikirannya sendiri dengan realita sehingga pikirannya menjadi kacau. Kelainan ini memiliki tanda-tanda dengan adanya sulit memfokuskan pikiran, bicara tidak teratur dan perilaku yang tidak wajar seperti paranoid.

Gangguan Emosi

Gangguan emosi ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi presentase terbesar sering menyerang para pria. Hal ini bisa juga dikarenakan tekanan dan tanggung jawab yang berat. Salah satu gangguan mental ini bisa disembuhkan dengan cara terapi kognitif dan konsultasi ke dokter.

Depresi

Depresi merupakan suatu gangguan mental yang bisa menuju ke gangguan jiwa lebih parah. Gejala gangguan mental ini ditandai dengan berkurangnya nafsu makan seseorang, kurang bisa fokus dan mudah merasa Lelah. Biasanya depresi ini menyerang pria, dan tidak sedikit pria yang mengakhiri hidupnya karena merasa dirinya sudah tidak berharga dan tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Untuk mencegah ke yang lebih parah, sebaiknya cepat konsultasikan kepada psikologis.

Gangguan Kepribadian

Gangguan kepribadian anti sosial ini termasuk kedalam gangguan yang cukup ekstrim. Orang yang memiliki gangguan ini biasanya orang yang anti sosial dan cukup paranoid. Untuk itu sebaiknya langsung dilakukan pengobatan dan konsultasi ke psikolog yang tepat. (HN)

SHARE