Cara Simpel Merawat Motor di Musim Hujan - Male Indonesia
Cara Simpel Merawat Motor di Musim Hujan
MALE ID | Sport & Hobby

Selain harus berhati-hati berkendara di jalan raya saat musim hujan, merawat motor juga penting. Sepeda motor yang kotor setelah digunakan untuk hujan-hujanan di jalan tidak boleh dianggap remeh dan biasa saja. Air hujan dan kotoran yang menempel bisa berakibat pada rusaknya beberapa komponen yang ada pada sepeda motor.

Image by Simsons51 from Pixabay

Air hujan memiliki kadar asam yang bisa membuat besi berkarat. Apalagi bila motor Anda sering masuk lubang gengan air setelah hujan. Nah, mengutip dari berbagai sumber, berikut cara merawat motor Anda agar tetap awet dan mesinnya tetap dalam kondisi prima ketika dipakai. 

Memanaskan Mesin Motor
Memanaskan mesin motor adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum berkendara naik motor, tetapi tak sedikit orang yang sering mengabaikannya. Di musim hujan ini pasti kondisi udara jadi semakin dingin, maka dengan memanaskan mesin motor cara yang tidak boleh Anda lupakan. Jika mesinnya tidak dipanaskan, ada kemungkinan membuatnya jadi lembab.

Memastikan Kondisi Angin Ban
Semakin sedikit tekanan ban, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan jalanan semakin banyak sehingga membuat tarikan motor jadi lebih berat dan mempercepat proses penipisan ban. Apalagi motor Anda harus menerobos jalanan yang digenangi air. Jika angin di dalam ban tidak maksimal, maka bannya bisa cepat rusak.

Cek Filter Udara
Para pemilik motor pasti tahu kalau filter udara di motor harus selalu dalam kondisi kering dan tidak boleh basah. Kalau kena air hujan tentu akan jadi bahaya. Di musim hujan ini baiknya rutinlah periksa bagian filter udara motor Anda. Supaya tetap aman saat berkendara. 

Kenalpot Jangan Lupa Dibersihkan
Jangan lupa periksa kondisi knalpot motor Anda. Kalau ada air atau kotoran yang menempel di bagian dalam atau lehernya, sebaiknya segera bersihkan. Anda pasti tahu bukan cara membersihkan knalpot sendiri? Kalau tidak tahu sebaiknya bawa ke bengkel supaya hasilnya maksimal.

Cuci Motor Secara Berkala
Motor bisa saja menjadi rusak bila motor terkena air hujan atau banjir yang membuatnya jadi kotor. Pikiran kalau motor akan kotor lagi saat kena hujan atau banjir setelah dicuci sebaiknya dihilangkan. 

Lebih baik Anda buang air sedikit daripada merelakan motor Anda rusak secara perlahan-lahan. Anda tentu tahu bukan kalau air hujan mengandung asam yang bisa mempercepat proses korosi pada beberapa bagian utama motor.
 

SHARE