Hindari Ini Saat Dapat Pekerjaan yang Lebik Baik - Male Indonesia
Hindari Ini Saat Dapat Pekerjaan yang Lebik Baik
MALE ID | Works

Setiap orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan impian mereka. Tetapi terkadang kenyataan berbicara lain. Banyak alasan mengapa seseorang menerima pekerjaan di luar impian mereka, ada yang mengawali sebagai batu loncatan, atau memang sekadar ingin bekerja.

Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Memulai pekerjaan baru apa pun bisa sangat menakutkan. Anda pasti ingin membuat kesan yang baik pada atasan Anda dan meningkatkan karier Anda. Namun, jika ini adalah pekerjaan pertama Anda meski bukan pekerjaan impian Anda, alias batu loncatan, Anda mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan suasana profesional.

"Ada beberapa cara yang sangat jelas untuk membuat kesan yang baik, yang paling penting adalah mengetahui prinsip dan tujuan Anda," kata kata Lawrence Miller , seorang instruktur Udemy, penulis dan pelatih kepemimpinan dalam laman Business News Daily.

Nah, untuk itu meski pakerjaan yang Anda dapatkan berbebeda dari impian yang ingin Anda capai. Anda tetap perlu profesional dalam mengerjakannya. Maka dari itu pastikan Anda menghindari kesalahan ini.

1. Terlalu Santai
Bahkan jika perusahaan Anda tidak membutuhkan pakaian profesional atau jam kerja yang ketat, Anda tidak boleh mengambil keuntungan dari sistem dengan menjadi terlalu santai.

"Ketika Anda baru di pekerjaan itu, Anda harus membuktikan diri, maka dekati segala sesuatu di tingkat kinerja tertinggi Anda," kata Kelly Hoey, ahli strategi. "Mengenakan kemeja yang membutuhkan penyetrikaan atau tiba 30 menit lebih lambat dari bagian kantor lainnya adalah sesuatu yang perlu Anda peroleh dengan terus-menerus menghasilkan karya yang hebat."

2. Memiliki Sikap Buruk
Anda tidak mungkin memulai karir impian Anda dengan melakukan apa yang Anda inginkan dan tidak lebih dari itu. Kemungkinan Anda akan diberi tugas yang tidak Anda sukai. Jika Anda ingin menaiki tangga di industri Anda, Anda harus memiliki mentalitas.

"Kesombongan adalah musuh pembelajaran, dan kerendahan hati adalah pelumas pembelajaran," kata Miller.

3. Memperlakukan Pekerjaan Anda itu Sepele
Pekerjaan pertama Anda adalah batu loncatan untuk seluruh karier Anda, dan Anda tidak bisa berharap untuk melewatinya tanpa jatuh lebih dahulu. Jika Anda ingin berhasil dalam industri pilihan Anda, Anda harus memperlakukan profesi Anda sekarang dengan hormat.

"Keunggulan bukanlah tempat, tetapi sebuah proses pembelajaran dan perbaikan seumur hidup terus menerus," kata Miller. "Jika Anda mendekati pekerjaan baru Anda dengan pemahaman bahwa Anda sedang dalam perjalanan seumur hidup, itu mengurangi banyak tekanan untuk merasa bahwa Anda harus pergi ke suatu tempat dengan cepat."

4. Tidak Menjadi Pemain Tim
Kemampuan untuk bekerja sebagai tim merupakan persyaratan utama bagi sebagian besar perusahaan. Banyak tugas yang harus dikerjakan banyak orang satu sama lain dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Keberhasilan Anda tergantung pada Anda menjadi anggota tim yang hebat. Sebagai seorang karyawan, Anda harus belajar keterampilan memecahkan masalah untuk membantu tim Anda berhasil dan mendukung mereka di sepanjang jalan.

"Jika Anda bisa melakukan ini, Anda akan menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang paling penting yang dibutuhkan saat ini, kepemimpinan tim yang hebat," Kata Miller.

5. Tidak Membuat Koneksi
Menjaga diri sendiri bermanfaat sampai batas tertentu. Anda menghindari drama, menyelesaikan pekerjaan Anda dan fokus pada kesuksesan Anda sendiri. Namun, mengisolasi diri sendiri dapat mencegah Anda membentuk koneksi dan membatasi peluang Anda dalam perusahaan.

"Kenali orang lain di tempat kerja Anda, bahkan jika itu tidak akan berubah menjadi persahabatan atau hubungan jangka panjang," kata Andrew Luttrell, Ph.D., profesor psikologi sosial di College of Wooster dan seorang instruktur Udemy. 

"Koneksi sosial adalah kontributor penting bagi kebahagiaan. Semakin kita terhubung dengan orang-orang dalam hidup kita, semakin bahagia kita," tambahnya.

SHARE