Memadukan Pakaian Klasik Bagi Kaum Urban - Male Indonesia
Memadukan Pakaian Klasik Bagi Kaum Urban
MALE ID | Looks

Gaya berpakaian klasik yang khas pada satu abad yang lalu tiba-tiba berada di puncak mode untuk tahun 2020. Meski tidak sepenuhnya, namun mode 1920-an itu sedang dirasakan bagi beberapa merek ternama.


Image by RA from Pixabay

Christopher Modoo, direktur kreatif Kit Blake menuturkan, bahwa zaman Jazz adalah zaman di mana pertama kalinya para pria melepaskan seragam mereka dan mulai bersenang-senang dengan apa yang mereka kenakan.

"Seperti mengenakan tuksedo, celana panjang lipit, rombo selendang berkerah, dan lain sebagainya," ucapnya pada laman Fashionbeans.

Apa yang Modoo lihat itu adalah kelahiran busana pria klasik. Pada saat itu juga dasi hitam mendominasi sebagai versi putih formal yang lebih lembut dalam berpakaian. Kemudian, dasi hitam itu diterima untuk pakaian bisnis. 

Modoo menekankan, gaya klasik tidak benar-benar kuno, justru menyenangkan, apalagi untuk gaya formal kaum urban. "Gaya klasik memiliki potongan yang lebih dewasa dan halus. Misalnya seperti dalam film Great Gatsby atau Shelby," ungkapnya.

Item Esensial untuk Memadukan Tampilan Klasik
Untuk mendapatkan gaya klasik, Anda perlu memerhatikan item fashion yang dapat membangkitkan gaya tersebut. Ada beberapa item penting ketika Anda ingin mendapatkannya.

Jas/Blazer, Kemeja, dan Rombi
Yang membedakan setelan klasik atau gaya tahun 1920-an adalah penggunaan rompi kancing-tinggi yang kadang-kadang dilipat. Kemudian dipadukan dengan dasi serta jas bahkan kemeja berkerah yang memiliki kancing diujung tumitnya. Pola-pola ini berbeda, dengan plaids, check, dan chalkstripe, tapi membuat kehadiran fashion ini terasa.

Aturan untuk blazer referensi 20-an, yakni blazer harus double-breasted, menonjolkan bungkuk insouciant dan kerah harus benar-benar lembut (tidak kaku). 

Flanel, Kemeja, dan Celana Lipit
Tahun 1920-an tidak benar-benar menjadi dekade yang kasual. Tapi untuk dekade modern seperti saat ini, Anda bisa mengubahnya menjadi kasual. Dengan beberapa paduan yang asik, Anda tetap terlihat lebih kasual alias tidak kuno.

Coba kenakan celana panjang berpinggang tinggi lipit, kemudian dipadukan dengan flanel atau kardigan atau pakaian rajutan yang kuat, kemudian, bagian dalam Anda bisa mengenakan kemeja formal kesukaan Anda. "Celana panjang berlipit penuh lebih nyaman daripada gaya celana yang rata," kata Christopher Modoo.

SHARE