Ajak Kencan Baiknya Lewat Telepon atau WhatsApp? - Male Indonesia
Ajak Kencan Baiknya Lewat Telepon atau WhatsApp?
MALE ID | Relationships

Zaman memang sudah berbubah, ketika seorang pria ingin mengajak wanita yang baru dikenalnya untuk pergi kencan. Dahulu, pria akan mengirimkan surat lebih dulu untuk membuat janji, atau bahkan langsung pergi ke rumahnya lalu menunggu sinyal. Apakah bisa diajak keluar atau tidak.

Photo by Sunyu Kim on Unsplash

Saat teknologi mulai didigunakan, ajakan kencan juga berubah. Tentu melalui sambungan telekomunikasi baik SMS (pada zamannya) atau telepon adalah hal yang lebih cepat untuk mengajak si dia kencan.

Seiring berjalannya waktu, justru semakin bingung dan banyaknya pro dan kontra, sebenarnya yang baik itu, pria menguhubungi wanita untuk ajak kencan lewat telepon atau SMS (sekarang mungkin lewat WhatsApp). 

Pro dan Kontra Telepon atau SMS (WA)
Menukil laman Art of Manliness, ketika komedian Aziz Ansari dan sosiolog Eric Klinenberg bekerja sama untuk menulis sebuah buku tentang teka-teki modern, adegan kencan heteroseksual, mereka melakukan penelitian terhadap ratusan orang dengan cara mewawancarinya. 

Ketika sampai pada pertanyaan apakah akan mengajak seseorang keluar melalui telepon atau SMS, mereka menemukan panel mereka terbagi dalam masalah ini, beberapa orang menjawab menelepon adalah cara yang percaya diri, matang untuk melakukannya, sementara yang lain berpikir berbicara di telepon terlalu canggung dan diliputi kegelisahan bagi kedua belah pihak.

Dari hasil temuan lain yang dilakukan Match.com pada 2013 silam, ternyata perbedaaan itu tergantung usia. Mereka yang di bawah 30 tahun, 4X lebih mungkin untuk mengajak seseorang keluar melalui pesan singkat daripada mereka yang berusia di atas 30. 

Jumlah ini tidak diragukan lagi akan terus meningkat ketika generasi yang lebih muda pun bertambah dewasa. Misalnya, menurut survei oleh TextPlus, hampir 60% dari mereka yang berusia 13-17 akan meminta seseorang berkencan dengan mengirim SMS kepada wanita.

Namun Anda juga akan memperhatikan bahwa untuk saat ini, menelepon akan tetap terjadi di antara usia 20-an, hampir seperempat dari mereka yang di bawah 30 terus meminta orang keluar melalui telepon. Singkatnya, sementara penerimaan SMS untuk kencan sudah pasti meningkat, apalagi dengan adanya apliaksi pesan singkat seperti WhatsApp.

Kelebihan Mengajak Wanita Melalui Telepon
Tentu secara terang-terangan, kelebihan mengajak seseorang dengan panggilan telepon adalah sikap berani dan dewasa. Beberapa wanita yang disurvei oleh Ansari, mengatakan bahwa pria yang meminta kencan langsung melalui sambungan telepon, terlihat lebih percaya diri dan berani.

Selain itu, para wanita dalam survei juga mengatakan, mereka akan sedikit canggung ketika harus berbicara lewat pesan singkat, apalagi baru dikenal sempintas dan masih samar-samar untuk mengingatnya. Dengan sambungan telepon, para wanita merasa kepribadian/niat baik para pria yang baru dikenalnya membuat mereka lebih nyaman.

Kelebihan Mengajak Wanita Melalui Pesan Singkat
Meski ada beberapa yang tidak setuju, tetapi melalui pesan singkat pun memiliki kelebihannya saat mengajak si dia kencan. Kelebihannya yaitu lenbih mudah dan lebih sedikit menimbulkan kecemasan.

Selain itu, mengirim pesan tidak hanya lebih mudah pada pengirim, tetapi juga penerima. Alih-alih harus merespons secara real time, berkirim pesan memungkinkan seorang wanita untuk mengumpulkan pikirannya, dan menjawab sesuai jadwalnya sendiri. 

Karena dia tidak berada di tempat, berkirim pesan juga membuatnya lebih mudah untuk memikirkan bagaimana cara menolak Anda. Ada jauh lebih sedikit tekanan di kedua sisi. 

Selain itu, dengan mengirimkan pesan teks, Anda dapat meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan dan bagaimana Anda ingin mengatakannya. Ini memberi Anda ruang untuk berpotensi mengatakan sesuatu yang lebih asli, lucu, bijaksana, dan lain-lain.

SHARE