Deretan Teknologi yang Akan Populer di 2020 - Male Indonesia
Deretan Teknologi yang Akan Populer di 2020
MALE ID | Digital Life

Tidak bisa dipungkiri jika teknologi untuk tahun-tahun kedepan akan terus berinovasi dan canggih. Hal ini juga sudah terbukti dengan tren teknologi yang akan berkembang di tahun 2020. Apa saja itu?

Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Dilansir Venturebeat, dunia akan melihat transformasi terkait bagaimana teknologi berdampak pada kehidupan manusia. Berikut adalah tren teknologi teratas yang akan memengaruhi manusia sepanjang tahun 2020.

5G
Kompetisi 5G antara Amerika Serikat dan China memasuki panggung utama di 2020. Akan ada kompetisi baru tentang siapa yang dapat mendorong 5G lebih cepat ke penggunaan konsumen massal. Seperti diketahui, 5G memungkinkan internet yang lebih cepat dibandingkan teknologi 4G.

Kendaraan Otomatis
Kendaraan otomatis tampaknya akan semakin populer di tahun 2020. Beberapa mobil Tesla memiliki fitur atau mode autopilot di jalan raya, tetapi ini hanya memungkinkan hingga level 2 (dukungan mengemudi) atau level 3 (dioperasikan oleh pengemudi dalam keadaan darurat).

Teknologi untuk memahami kondisi jalan terperinci oleh AI sedang berkembang. Startup Prophesee (Prancis), Perceptive Automata (AS) dan Humanising Otonomi (Inggris) menjadi startup terdepan untuk merealisasikan teknologi ini.

Kecerdasan Buatan (AI)
AI menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Teknologi ini populer berkat tumbuhnya ekosistem perangkat seperti Alexa, Siri dan Google Assistant. Di 2020, emotion recognition dan computer vision diharapkan akan berkembang dan AI mulai digunakan untuk bidang manufaktur.

Pemrosesan Komputer
Bila teknologi sensor dan AI semakin meningkat, maka dibutuhkan lebih banyak data serta membuat keputusan tanpa mengirimkan data ke cloud. Untuk mendukung kecanggihan tersebut, maka diperlukan chip AI berperforma tinggi. Chip AI berkinerja tinggi dikenal sebagai chip neuromorfik atau otak, meniru struktur otak dan memproses algoritma AI teratas.

Internet of Things (IoT)
IoT tampaknya akan mengalami peningkatan berkat munculnya 5G. Jumlah perangkat yang terhubung dan aplikasi IoT utama diharapkan akan semakin berkembang.

Beberapa perangkat yang menggunakan teknologi IoT dan machine vision seperti Amazon Go. Ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja tanpa harus memeriksa secara manual. Beberapa startup seperti Standard Cognition, Accel Robotics, Grabango, Trigo dan AiFi menyediakan layanan serupa Amazon Go.

Multiexperience
Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Gartner, karena beragam jenis aplikasi terus bermunculan, ini mengubah cara user berinteraksi di dunia digital. Meningkatnya berbagai jenis perangkat dan pengembangan aplikasi yang terus dilakukan menyebabkan munculnya istilah multiexperience

User experience akan mengalami perubahan yang signifikan. Cara user berinteraksi dengan dunia digital akan lebih beragam. Platform percakapan akan mengubah cara orang berinteraksi dengan dunia digital. Di tahun 2020, Virtual reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR) adalah teknologi yang tergabung dan mengubah cara orang berinteraksi di dunia digital.

Transparency dan Traceability
Pelanggan semakin sadar bahwa informasi pribadi sangat berharga dan harus dijaga. Aturan pemerintah yang menerapkan undang-undang terkait data pribadi juga membuat organisasi harus semakin memperhatikan tentang pengelolaan data pribadi pelanggan. Maka, strategi transparency dan traceability adalah elemen penting untuk menjaga informasi pribadi pelanggan.

Transparency dan traceability adalah strategi yang digunakan untuk menentukan serangkaian sikap, tindakan, dan teknologi serta pendukung lain yang dirancang untuk memenuhi persyaratan peraturan, mempertahankan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi canggih lainnya, yang berguna untuk meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

SHARE