Tetap Segar dan Fokus Walau Kurang Tidur - Male Indonesia
Tetap Segar dan Fokus Walau Kurang Tidur
MALE ID | Looks

Begadang memang bukanlah hal yang sehat untuk dilakukan. Namun, keadaan terkadang memaksa Anda melakukan aktivitas hingga larut malam. Jika besok merupakan hari libur tidak jadi masalah, tapi lain halnya jika keesokan harinya Anda masih harus disibukan dengan rutinitas pekerjaan.

Male IndonesiaPhoto by Joel Overbeck on Unsplash

Tentu Anda tidak mau terlihat seperti orang kurang tidur yang lesu dan tidak beraturan secara penampilan. Ditambah lagi konsentrasi Anda yang mungkin tidak terlalu fokus dibandingkan saat Anda mendapatkan tidur yang cukup.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa terlihat lebih segar dan fokus menjalani pekerjaan Anda:

Konsumi Kafein

Dilansir dari Alodokter,  bahwa minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman benergi bisa membuat Anda terlihat segar dan  terjaga selama 3-4 jam. Agar tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsinya beberapa kali, tapi pastikan sesuai dosis yang cukup bagi tubuh Anda.

Dan rata-rata batasan kadar kafein yang bisa diterima oleh tubuh adalah sekitar 100-200 mg tiap harinya, atau setara 1 hingga 2 cangkir kopi.

Waktu Istirahat untuk Tidur siang

Setelah mengonsumsi kopi, coba diikuti dengan tidur siang sekitar 10 hingga 40 menit. Dengan begitu, Anda akan memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dan terasa lebih segar saat bangun. bisa Anda rasakan.

Olahraga Ringan

Jangan diam, cobalah olahraga ringan seperti naik turun tangga atau senam ringan agar bisa menjaga aktivitas otak tetap aktif. Atau bila memungkinkan, lakukan percakapan dengan topik menarik agar tidak terjebak rasa kantuk.

Berada di Ruangan yang Terang

Pastikan ruangan Anda terang sehingga sedikit sulit untuk mengantuk, atau yang lebih efektif adalah berada di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung.

Mandi atau Cuci Muka dengan Air Dingin

Jangan gunakan air hangat di pagi hari, karena idealnya rasa nyaman dari hangat dengan kondisi kurang tidur justru membuat Anda semakin mengantuk. Cara yang tepat dalah menggunakan air dingin yang dapat mengurangi rasa kantuk.  Jika masih dirasakan, bawa air es atau dingin untuk cuci muka agar merangsang aktivitas saraf Anda.

Akan tetapi dari semua tips yang diberikan, sebisa mungkin Anda menghindari begadang. Karena jika dilakukan secara terus menerus kekebalan tubuh bisa berkurang bahkan bisa berefek pada kerentanan penyakit diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan tekanan darah tinggi.

SHARE