Memutar Musik di Kantor Bisa Tingkatkan Kerjasama - Male Indonesia
Memutar Musik di Kantor Bisa Tingkatkan Kerjasama
MALE ID | Works

Menurut sebuah penelitian baru, memainkan sedikit musik dengan jenis musik cerita di kantor dapat berdampak positif pada kerja tim karyawan. Penelitian tersebut dilakukan oleh Cornell University.

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Kevin Kniffin, penulis utama studi dan seorang ilmuwan perilaku di Cornell mengatakan, bahwa musik adalah bagian meresap dari banyak kehidupan sehari-hari, baik secara sadar atau tidak.

"Hasil kami menunjukkan bahwa orang-orang tampaknya lebih mungkin untuk menyelaraskan satu sama lain jika mereka mendengarkan musik dengan irama yang stabil," kata Kniffin.

Untuk penelitian ini, peneliti melakukan dua percobaan untuk menguji pengaruh musik pada perilaku kerja sama karyawan yang bekerja dalam tim. Dalam percobaan, peserta dikelompokkan dalam tim yang terdiri dari tiga dan diberi angka untuk berkontribusi pada nilai tim atau untuk disimpan untuk penggunaan pribadi mereka. 

Selama percobaan, para peneliti memainkan lagu-lagu bahagia, seperti "Brown Eyed Girl" oleh Van Morrison dan "Walking on Sunshine" oleh Katrina and the Waves. Para peneliti menemukan bahwa para peserta berkontribusi pada kebaikan tim sepertiga lebih banyak ketika lagu-lagu ceria dimainkan, dibandingkan dengan lagu-lagu yang tidak menyenangkan atau tidak ada musik sama sekali.

"Kami menemukan tingkat perilaku kooperatif yang secara signifikan dan terus-menerus lebih tinggi oleh peserta yang memainkan musik bahagia jika dibandingkan dengan dua kondisi lainnya," kata para peneliti.

Kniffin mengatakan, hasil menunjukkan bahwa memainkan beberapa musik dan memikirkan jenis-jenis lagu yang diputar dapat menghasilkan karyawan yang lebih bahagia dan kerja tim yang lebih baik.

“Banyak pengusaha menghabiskan banyak waktu dan uang untuk latihan membangun lapangan di luar lokasi untuk membangun kerja sama di antara karyawan,” kata Kniffin. “Penelitian kami menunjukkan sistem tata suara kantor sebagai saluran yang kurang dipikirkan sebagai cara untuk menginspirasi kerja sama di antara rekan kerja," tambahnya.

Brian Wansink, salah satu penulis studi dan direktur Cornell Food and Brand Lab, mengatakan penelitian ini adalah contoh lain dari dampak musik yang dapat terjadi pada orang-orang.

"Apa yang hebat tentang temuan ini, selain memiliki alasan ilmiah untuk memutar musik di tempat kerja, adalah bahwa musik yang bahagia memiliki kekuatan untuk membuat tempat kerja lebih kooperatif dan mendukung secara keseluruhan," kata Wansink. [MI]

SHARE