4 Langkah yang Bisa Diambil Saat Digaji Rendah - Male Indonesia
4 Langkah yang Bisa Diambil Saat Digaji Rendah
MALE ID | Works

Saat seseorang mengajukan lamaran pekerjaan, baik itu sudah memiliki pengalaman atau belum, tentu ada keinginan untuk memiliki gaji yang besar. Akan tetapi apa yang terjadi jika Anda kemudian mendapatkan gaji yang tidak diharapkan?

Image by SnapwireSnaps from Pixabay

Saat Anda mengetahui ternyata Anda digaji rendah dari apa yang Anda perkirakan, tentu Anda merasa tidak dihargai. Apalagi Anda sudah terlalu banyak bekerja. Namun, dengan rencana permainan yang tepat, persiapan yang tepat, dan keterampilan negosiasi, Anda seharusnya dapat meningkatkan gaji Anda.

Berikut langkah-langkah yang harus diambil jika Anda merasa digaji rendah.

Penelitian
Rachel Bitte, kepala petugas orang di Jobvite mengatakan, langkah pertama adalah mencari tahu. Apakah yang membuat Anda layak dengan gaji rendah atau tidak. Anda perlu memahami gaji rata-rata untuk orang-orang dalam peran Anda dan orang-orang di sekitarnya.

Jika Anda masuk ke negosiasi gaji tanpa melakukan riset, itu bisa merugikan karier dan peluang Anda untuk mendapatkan apa yang pantas Anda dapatkan. "Untuk itu penting menanyakan atau menegosiasi gaji saat melamar kerja. Jangan cuek tanpa mengetahui faktanya," tambah Bitte.

Tanyakan Rekan Kerja dan Mantan Bos
Seiring dengan riset online, Anda dapat berkonsultasi dengan orang-orang di industri Anda seperti rekan kerja lama dan kontak di LinkedIn.

"Tanyakan kepada mantan bos dan kolega yang tidak lagi bekerja dengan Anda untuk tarif yang berlaku," kata Vicki Salemi, pakar karier Monste . "Minta mereka untuk mempertimbangkan apakah mereka akan mempekerjakan seseorang dengan pengalaman, keahlian, dan kredensial Anda, berapa gajinya?" tambahnya.

Salemi juga menyarankan bertanya kepada perusahaan Anda, karena beberapa memiliki transparansi penuh online atau melalui departemen SDM mereka. "Tidak apa-apa untuk meminta rentang gaji untuk posisi Anda, hanya perlu diingat bahwa rentang gaji mungkin tumpang tindih, dan ujung tinggi dari peran Anda saat ini mungkin berada di ujung bawah peran di atas Anda," katanya. 

Bicarakan dengan Manajer
Setelah Anda melakukan penelitian dan mengobrol dengan orang-orang di industri Anda, inilah saatnya untuk berbicara dengan manajer Anda tentang kenaikan gaji. Meskipun ini mungkin menakutkan, jika Anda tidak bertanya, jawabannya selalu tidak.

"Yang benar adalah bahwa menegosiasikan gaji Anda adalah suatu keharusan, terutama jika Anda dibayar rendah," kata Bitte. "Meningkatkan penghasilan Anda sekarang dapat mengubah lintasan kompensasi masa depan Anda, yang sangat penting untuk memaksimalkan potensi penghasilan Anda sepanjang karier Anda."

Salemi merekomendasikan meminta kenaikan gaji setelah Anda baru saja menyelesaikan sesuatu yang besar dan segar di benak atasan Anda. "Untuk kenaikan gaji memang tergantung pada perusahaan itu, biasanya kenaikan gaji hanya terjadi setahun sekali, jadi jika Anda melewatkan jendela itu, Anda kurang beruntung."

Lakukan Ini Ketika Anda tidak Mendapatkan Kenaikan Gaji
Jadi, Anda telah melakukan penelitian dan tahu nilai Anda, tetapi manajer Anda tidak ingin memberi Anda kenaikan gaji. Apa yang harus Anda lakukan?

"Jangan menyerah! seringkali bos Anda tidak akan menyerah pada permintaan pertama, jadi anggap negosiasi gaji sebagai percakapan yang berkelanjutan," kata Bitte.

Bitte menyarankan untuk menindaklanjuti beberapa bulan kemudian dan mencatat kontribusi yang telah Anda buat untuk perusahaan sejak percakapan terakhir. Namun, jika setelah beberapa percakapan, manajer Anda masih tidak mau memberi Anda kenaikan, mungkin sudah saatnya untuk mulai mencari pekerjaan baru. 

"Jika Anda meminta kenaikan gaji dan ditegaskan tidak ada kenaikan gaji, saatnya mencari peluang baru," kata Salemi. ***

SHARE