Lakukan Ini Setelah Ponsel Basah Karena Hujan - Male Indonesia
Lakukan Ini Setelah Ponsel Basah Karena Hujan
MALE ID | Digital Life

Masalah ponsel rusak karena kemasukan air ketika musim hujan memang menyebalkan. Tentu, kerusakan ini akan mengganggu aktivitas Anda yang terkait dengan penggunaan ponsel. Apalagi bila hal ini memaksa Anda untuk mengeluarkan uang demi membeli ponsel baru. 

Photo by Igor Rodrigues on Unsplash

Sebelum Anda mengalami insiden ini, ada baiknya Anda mencegahnya. Akan tetepi, apabila ponsel Anda akhirnya kemasukan air hujan, dari beberapa sumber, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

Segera Matikan Ponsel
Saat ponsel Anda benar-benar terkena banyak air, jangan malah Anda menggunakannya untuk mengecek apakah ponsel Anda masih berfungsi atau tidak. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah langsung matikan ponsel Anda. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya korsleting pada ponsel Anda.

Keluarkan SIM Card dan Memory Card
Kedua, keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai dari ponsel Anda. Akan lebih baik bila Anda juga melepas komponen-komponen lain pada ponsel Anda. Akan tetapi, Hal tersebut hanya dapat dilakukan bila Anda mengetahui cara bongkar pasang ponsel. Jika tidak, keluarkan saja bagian-bagian yang mudah untuk dikeluarkan

Lap ponsel Secara Perlahan dengan Tisu atau Kain Kering
Sesudah mengeluarkan komponen ponsel, yang dilakukan selanjutnya adalah mengeringkannya. Lap satu per satu bagian pada ponsel Anda dengan tisu atau kain kering. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, tentu saja dilakukan dengan hati-hati.

Jangan Digoyang
Ponsel tentunya akan basah jika terkena air, tapi jangan digoyang-goyangkan. Mungkin maksud ingin menghilangkan air yang berceceran di ponsel Anda. Tapi sayangnya justru itu perbuatan yang salah.

Pasalnya apabila Anda menggoyang-goyangkan, justru air malah makin masuk ke hardware. Hal itu tentu akan membuat kerusakan semakin parah.

Jangan Dijemur di Bawah Matahari Langsung
Jika ponsel Anda terkena air atau basah memang Anda harus mengeringkannya, tetapi sebaiknya jangan dijemur di matahari langsung. Karena hal ini dinilai bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya. Ketimbang Anda menjemurnya, Anda bisa mengeringkannya di dalam beras.

Biarkan Ponsel Selama Tiga Hari
Pengeringan tentu tidak sebentar, dibutuhkan setidaknya 3 hari. Ini dilakukan agar ponsel Anda kering secara sempurna dan jangan dinyalakan sebelum 3 hari. Setelah semuanya selesai, Anda dapat menyalakan ponsel dan ponsel Anda sudah siap untuk digunakan kembali. [MI]

SHARE