Ini Dia Musisi dengan Penghasilan Tertinggi - Male Indonesia
Ini Dia Musisi dengan Penghasilan Tertinggi
MALE ID | News

Lebih dari 10 tahun yang lalu perusahaan Beats Electronics yang dimiliki oleh musisi Andre Young alias Dr Dre diakuisisi oleh Apple sebesar tiga miliar dolar AS atau sekitar Rp 42 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar AS). Perusahaan ini terkenal karena jajaran headphone dan speaker yang diberi nama Beats by Dre.

Photo: MB298/Wikipedia

Kesepakatan besar ini membantu Dr Dre mengamankan posisi teratasnya sebagai musisi bayaran tertinggi pada era 2010-an. Seperti yang dilansir dari CNBC, menurut daftar Forbes dari 10 musisi berpenghasilan tertinggi dekade ini, Dr Dre mendapatkan 950 juta dolar AS atau sekitar Rp 13,3 triliun selama waktu itu.

Pria kelahiran 1965 ini tidak menghabiskan dekade terakhir dengan melakukan tur dunia. Bahkan album terakhirnya berjudul Compton dirilis pada 2015 sebagai soundtrack untuk biopik yang ia produksi, Staright Outta Compton.

Biopik tersebut bercerita tentang awal kariernya di industri musik sebagai anggota N.W.A Hit No 1. Yang pasti pekerjaan Dr Dre sebagai rapper, musisi dan produser untuk artis seperti Snoop Dogg, Kendrik Lamar dan Mary J Blige telah meningkatkan kekuatan penghasilannya.

 
 

Hal ini menyebabkan Rolling Stone memanggilnya salah satu dari 100 seniman terhebat di zamannya. Namun, pekerjaan artis di luar studio rekaman, yakni sebagai wirausahawan dengan pekerjaan terus-menerus melalui Beats dan Apple Music membantunya keluar di posisi teratas pada era 2010-an.

Kecakapan bisnis Dr Dre telah mengilhami orang-orang seperti miliarder Richard Branson. Setelah menonton film dokumenter HBO The Defiant Ones yang mengisahkan keberhasilan industri musik Dr Dre dan Jimmy Lovine, Branson mengatakan dia mengagumi pendekatan keduanya terhadap ketakutan dan kemunduran.

“Ini adalah ketekunan melihat rintangan sebagai peluang dan merangkul ketakutan sebagai bahan bakar untuk perubahan,” tulis Branson dalam sebuah unggahan di blognya.

Penulis manajemen terlaris, Suzy Welch setuju jalur Dr Dre dalam musik adalah salah satu saran yang layak dari kariernya. Welch juga memuji film dokumenter tersebut dengan mengatakan ia menghargai pelajaran tentang bagaimana mendapatkan apa yang banyak orang impikan ketika mereka memimpikan karier mereka.

Daftar Forbes dikompilasi menggunakan data tur dari Pollstar dan data konsumsi musik dari Nielsen. Ini tidak termasuk penerima di belakang layar seperti agen atau manajer. Pemeringkatan juga tidak memperhitungkan penghasilan postmortem akun. Selain Dr Dre ada pula seniman lain yang menghasilkan uang paling banyak di 2010-an.

Penyanyi Taylor Swift menempati peringkat ke dua dengan penghasilan sebesar 825 juta dolar AS atau Rp 11,55 triliun. Peringkat ke tiga ditempati oleh penyanyi Beyonce dengan penghasilan sebesar 685 juta dolar AS atau Rp 9,59 triliun.

Sedangkan posisi ke empat ditempati oleh band U2 dengan 675 juta dolar AS atau Rp 9,45 triliun. Musisi Diddy berada di posisi ke lima dengan penghasilan 605 juta dolar AS atau Rp 8,47 triliun.

Di posisi ke enam, ada penyanyi Inggris Elton John dengan penghasilan 565 juta dolar AS (Rp 7,91 triliun). Musisi Jay-Z menempati posisi ke tujuh dengan penghasilan 560 juta dolar AS (Rp 7,84 triliun). Posisi delapan ditempati Paul McCartney dengan penghasilan sebesar 535 juta dolar AS (Rp 7,49 triliun).

Penyanyi wanita Katy Perry berada di urutan sembilan dalam daftar Forbes dengan penghasilan sebesar 530 juta dolar AS (Rp 7,42 triliun). Urutan ke sepuluh ditempati musisi serba bisa Lady Gaga dengan penghasilan sebesar 500 juta dolar AS (Rp 7 triliun). ***

SHARE