Bencana Banjir yang Paling mengerikan di Dunia - Male Indonesia
Bencana Banjir yang Paling mengerikan di Dunia
MALE ID | Story

Seakan menjadi kejadian yang rutin dialami oleh Jakarta saat memasuki musim hujan, banjir merupakan bencana yang terus menjadi pemandangan yang menyedihkan saat hujan begitu deras dan dengan waktu yang lama, memberikan rasa pasti bahwa Jakarta akan segera mengalami kebanjiran.

Male IndonesiaPhoto by Jonathan Ford on Unsplash

Kerugian yang dialami hingga nyawa yang hilang berkat kejadian ini, menjadi tragedi yang patut disayangkan. Dan jika melihat apa yang dilakukan banjir bisa begitu menakutkan jika terjadi dalam skala yang lebih besar.

Berikut beberapa banjir terbesar dan mengerikan yang pernah terjadi di dunia:

Banjir Delta Sungai Merah, Vietnam (1971)

Dikabarkan bahwa banjir yang terjadi di vietnam ini merupakan bencana banjir yang terburuk yang melanda kawasan indocina. Walau belum diketahui  dengan data yang pasti seberapa banyak korban yang meninggal, akan tetapi menurut lembaga bantuan bencana alam, setidaknya ada lebih dari satu juta orang menjadi korban, da sisanya meninggal akibat mengalami penyakit dan kelaparan.

Banjir Bandang Bangladesh (1974)

Bangladesh kabarnya masih mengalami banjir di beberapa titik, khususnya pemukiman yang berada di kawasan pesisir.Dan banjir terparah terletak di bagian selatan India. Hujan deras yang berlangsung terus menerus pada bagian barat dan selatan srilanka mengakibatkan banjir bandang. Dampak mengerikannya membuat 30.000 orang mengalami penyakit serius, dan lebih dari setengahnya berujung kematian.

Banjir Banqiao, Tiongkok (1975)

 Dikabarkan bahwa penyebab banjir Banqiao diakibatkan oleh dua faktor yakni alam dan juga ulah manusia yang membangun bendungan raksasa di kawasan setempat. Dinding tersebut memang dapat menahan 300 meter kubik air hujan setiap harinya. Akan tetapi di hari kejadian, luapan air dan badai hujan yang terjadi dalam skala besar tak mampu ditahan oleh bendungan yang akhirnya jebol dan menyebabkan setidaknya 170 ribu orang tewas, serta membuat lebih dari satu juta jiwa kehilangan tempat tinggal. Tidak sampai disitu saja, banjir Banqiao juga memberikan dampak ke beberapa kota lainnnya sepanjang agustus 1975.

Selain tiga tempat tersebut adapun kejadian lain yang tidak kalah mengerikan, seperti  banjir yang melanda Belanda dan Inggris di tahun 1099 dengan korban 100 ribu, hingga banjir sungai kuning di Cina yang sempat terjadi beberapa kali yakni pada tahun 1887, 1931, dan 1938 dengan total korban lebih dari 5 juta orang.

SHARE