Resolusi Mudah Jaga Kesehatan di Tahun 2020 - Male Indonesia
Resolusi Mudah Jaga Kesehatan di Tahun 2020
MALE ID | Sex & Health

Menjalani pola hidup sehat menjadi salah satu resolusi yang selalu direncanakan banyak orang. Apabila Anda salah satunya yang ingin mengubah hidup lebih sehat di tahun 2020, Anda tidak perlu memikirkan terlalu rumit. 

Photo by Jenny Hill on Unsplash

Resolusi yang bisa Anda susun mulai dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup, banyak minum air putih hingga tetap begerak aktif. Cara ini dipercaya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih baik selama satu tahun ke depan. 

Kurangi Alkohol
Bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat memnyebabkan masalah kesehatan. Mengurangi alkohol dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan akan mengenjutkan diri Anda sehingga Anda bisa terus melakukannya.

Minum Lebih Banyak Air
Selain membuat Anda tetap terhidrasi, air membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh Anda dan membantu organ membuang bahan limbah. Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran tubuh dan tingkat aktivitas. Namun, para ahli menyarankan untuk minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas sehari.

Prioritaskan Perawatan Diri
"Bagi sebagian orang, perawatan diri dapat berarti menetapkan batasan dengan rekan kerja atau hubungan pribadi mereka," kata Natasha Bhuyan, MD, seorang dokter terdaftar di One Medical di Phoenix, Arizona, seperti dikutip dalam laman Refinery29.

"Bagi yang lain, itu mungkin berarti meringkuk dengan buku yang bagus. Namun bagi yang lain, itu mungkin berarti berfokus pada makan sehat atau tidur lebih banyak. Ini berarti melepaskan diri dari media sosial," lanjutnya.

Proaktif Terhadap Pencegahan
Bhuyan mengungkapkan bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa kunjungan kesehatan perawatan primer juga dapat membantu mengelola kesehatan mental, tidur, kebiasaan makan yang sehat, dan aktivitas Anda. 

Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa sistem perawatan kesehatan sebagai sistem perawatan orang yang sakit dan mereka hanya mencari perawatan ketika mereka merasa sakit.

"Namun, penting bagi setiap orang untuk memiliki penyedia layanan primer agar dapat fokus untuk tetap sehat melalui perawatan pencegahan," kata dia.

Memberikan Banyak Perhatian untuk Menjaga Kesehatan Mental
Untuk memulai perjalanan kesehatan Anda, pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi meditasi dan menggunakan uji coba gratis selama seminggu. "Ada bukti kuat bahwa perhatian bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan," ujar Bhuyan.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengambil langkah lebih kecil dan berkomitmen untuk mengurangi penggunaan ponsel, seperti halnya mematikan handphone setidaknya 10 menit setelah bangun di pagi hari atau tidak menggunakan Instagram untuk menjaga kesehatan mental.

Lebih Sedikit Duduk
Ini mungkin sulit jika Anda bekerja 5-9 jam yang mengharuskan duduk di depan komputer sepanjang hari. Namun, duduk dalam waktu lama dan tidak bergerak aktif telah dikaitkan dengan meningkatnya perasaan cemas dan ada bukti bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes. [MI]

SHARE