Jadikan Resume Sederhana Anda Lebih Menonjol - Male Indonesia
Jadikan Resume Sederhana Anda Lebih Menonjol
MALE ID | Works

Resume Anda adalah dokumen paling penting yang akan Anda kirimkan dalam pencarian kerja Anda. Ini adalah pejuang garis depan Anda. Resemu juga merupakan kesempatan pertama Anda untuk menghadirkan diri Anda ke sebuah perusahaan yang Anda inginkan.

Photo by Helloquence on Unsplash

Resume yang kuat dapat membantu Anda menonjol dari para pelajar kerja lainnya. Maka dari itu, jangan membuat resemu yang asal-asalan atau terlalu biasa. Sederhana namun kuat, itu lebih baik.

Mungkin sulit untuk secara singkat menyajikan semua pengalaman dan kualifikasi Anda, tetapi ada banyak cara untuk merapikan resume Anda tanpa berlebihan. Menurut laman Business News Daily, beberapa ahli memberikan tips menulis resume yang baik bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Buat Resume Singkat dan Berbeda untuk Setiap Pekerjaan
Aturan No. 1 dalam menulis resume adalah singkat dan to the point. Aturan umum tidak lebih dari satu halaman, kecuali Anda memiliki alasan yang sangat baik untuk menjadi lebih panjang, seperti karir yang luas atau banyak pengalaman kerja yang sangat aplikatif.

Resume Anda harus menargetkan pekerjaan spesifik yang Anda lamar. Dan perlu diingat, mengirim resume yang sama ke setiap pekerjaan yang Anda lamar akan merugikan. "Jangan menulis resume umum untuk pekerjaan apa pun," kata Wes Lybrand , guru dan mantan asisten direktur di University of Alabama di Birmingham's Career and Professional Development Services. 

Pastikan untuk memprioritaskan keterampilan dan kualifikasi Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda coba lakukan. "Resume Anda "harus fokus, jelas, dan singkat," tambahnya.

Cara mudah untuk menjaga trim resume Anda adalah dengan memasukkan pengalaman terbaru dan relevan. Meskipun pekerjaan pertama atau kedua sepanjang tahun telah mengajarkan Anda banyak hal tentang bidang yang Anda geluti, tidak selalu perlu untuk memasukkan setiap detail dari seluruh sejarah karier Anda. 

Buat Templat Resume Asli
Meskipun membantu ketika Anda mengikuti templat resume profesional yang Anda unduh dari internet, tapi jangan jadi ikutan kaku. Karena hal yang perlu Anda ingat adalah, pengusaha menghargai orisinalitas buatan Anda sendiri.

"Saya sering melewatkan resume-resume yang dibuat dengan templat Microsoft Office," kata Claire Bissot, SPHR dan direktur pelaksana  CBIZ HR Services. "Templat dimaksudkan sebagai panduan untuk memulai, tetapi harus diperluas untuk menjadi khas milik Anda."

Veronica Yao, mantan perekrut dan manajer pemasaran dan komunitas movethedial mengatakan, saat menyusun resume Anda, pastikan informasinya disajikan dalam urutan logis. 

"Manajer perekrutan akan membaca resume Anda mulai dari atas dan berakhir di bawah. Namun, jika mereka tidak selesai membaca semuanya, mereka sering memastikan poin terkuat Anda dalam resume," katanya.

Pilih tiga atau empat posisi sebelumnya atau pengalaman yang paling menyoroti keterampilan yang diperlukan untuk posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar posisi pemasaran, Anda bisa memasukkan pengalaman ritel Anda sebelumnya dan menjelaskan keterampilan komunikasi, branding, dan interpersonal yang Anda pelajari di posisi itu.

Buat Snapshot Karier
Baru-baru ini, para ahli karir mendesak para pencari kerja untuk menghapus pernyataan "obyektif" yang lama dan sebagai gantinya mempertimbangkan untuk memasukkan ringkasan singkat, yang disebut "potret karir," di bagian atas resume mereka.

"Dengan cuplikan karir, Anda menyajikan pernyataan branding yang menjelaskan secara singkat nilai unik Anda serta keterampilan dan kualifikasi Anda," kata Tomer Sade, pendiri dan CEO FACTORE. 

Pikirkan gambaran karier Anda sebagai jawaban untuk pertanyaan "bagaimana Anda menggambarkan pengalaman kerja Anda dalam satu kalimat?" Ringkasan ini adalah kesempatan untuk meringkas keterampilan, pengalaman, atau aset Anda yang paling relevan dan penting segera.

Optimalkan Kalimat Resume Anda
Jika perusahaan menggunakan sistem pelacakan pelamar (ATS) untuk mengumpulkan dan memindai resume, seorang HRD mungkin tidak akan pernah melirik aplikasi apa pun yang tidak sesuai dengan kriteria pekerjaan yang telah mereka masukkan. 

Trish O'Brien, wakil presiden sumber daya manusia di  Caliper, menekankan kefokusan pada posisi yang ingin Anda cari, tujuannya untuk meningkatkan kemungkinan Anda melewati level pertama.

"Pastikan Anda telah dengan hati-hati meninjau posting dan menggunakan kata kunci yang sesuai dalam resume Anda," kata O'Brien. 

Pikirkan Prestasi Anda
Manajer tidak ingin membaca daftar tugas pekerjaan Anda. Mereka menginginkan contoh nyata dari pencapaian Anda di posisi sebelumnya yang menunjukkan bagaimana Anda dapat membuat perbedaan dalam posisi baru ini. 

Rangel mencatat bahwa kelebihan tertentu lebih menarik untuk dibaca daripada hanya pengalaman Anda. Misalnya, "Saya mengurangi biaya operasional sebesar 23% dalam enam bulan" jauh lebih menarik bagi seorang pempimpin perusahaan daripada "Saya memiliki pengalaman penjualan 30 tahun," katanya.

"Resume terbaik menyoroti tindakan dan hasil kandidat pekerjaan," kata Bob Myhal, direktur pemasaran digital di CBC Automotive Marketing.

"Pemimpin perusahaan menginginkan karyawan yang menyelesaikan pekerjaan, dan yang sangat bersukacita dan bangga dengan apa yang mereka lakukan. Daripada daftar pengalaman kerja Anda, resume Anda harus mencerminkan prestasi dan antusiasme Anda untuk karier Anda," tambah Myhal. 

Daftarkan Profil Media Sosial
Banyak manajer perekrutan saat ini menyaring kandidat di jejaring sosial. Simpan langkah mereka dengan memberikan tautan profil Anda di resume Anda. Pelamar berpengalaman dengan kehadiran sosial profesional sebaiknya memasukkan URL untuk profil LinkedIn, akun Twitter, dan blog.

"Jika akun media sosial Anda diisi dengan posting profesional yang berkaitan dengan industri Anda, hal itu dapat menguntungkan Anda," kata Richie Frieman, penulis Cara Lain untuk Memacu Karier Anda. 

"Mereka dapat menunjukkan kepada Anda bahwa Anda memiliki jaringan yang kuat dan siap dengan praktik-praktik pemasaran dan komunikasi modern. Manajer perekrutan akan melihat bahwa Anda suka mengikuti apa yang terjadi dan bahwa Anda peduli untuk belajar lebih banyak," jelas Frieman.

Profil sosial Anda dapat menjadi alat yang ampuh untuk melengkapi pengalaman dan posisi Anda sebagai seorang ahli di bidang Anda, tetapi harus dimanfaatkan dengan benar.

Jika profil sosial Anda tidak berlaku secara profesional, jangan cantumkan di resume Anda, dan pastikan profil media sosial Anda disetting hanya untuk pribadi. ***

SHARE