Packing Cerdas Saat Liburan Musim Hujan - Male Indonesia
Packing Cerdas Saat Liburan Musim Hujan
MALE ID | Relax

Akhir hingga awal tahun baru adalah salah satu  momen paling tepat untuk liburan. Karena selain banyak waktu libur yang bisa dimanfaatkan, juga bisa sekaligus ambil cuti panjang. Sehingga bisa memaksimalkan liburan Anda. Tapi sayangnya, saat akhir tahun adalah musimnya hujan. Terkadang tidak bisa diprediksi, apakah akan hujan pagi hari, siang, ataupun sore hingga malam hari. 

Image by tiphbeg from Pixabay

Kalau sudah punya rencana liburan ke wilayah yang sedang musim hujan, Anda perlu membuat daftar barang penting untuk dibawa. Supaya tidak khawatir kebasahan selama perjalanan. Ditambah lagi, saat musim hujan juga membutuhkan outfit yang tentunya berbeda saat Anda liburan musim panas. Ada beberapa barang tambahan yang bisa saja memenuhi koper atau ransel Anda.

Melansir laman The Washington Post, Helen Youn, seorang konsultan pengorganisasian dari KonMari Consultant yang berbasis di Kanada, memberikan lima cara packing untuk liburan di musim hujan atau dingin.

Perhatikan Rencana Perjalanan
Menurut Helen, sebelum memilah-milih outfit musim dingin Anda, sediakan waktu beberapa menit untuk me-review rencana perjalanan. Lalu, pertimbangan jenis kegiatan yang akan memberi kesenangan untuk Anda selama traveling.

Dengan begitu, Anda bisa mengepak barang berdasarkan kebutuhan. Pastikan dulu, apakah Anda akan banyak bepergian atau tinggal beberapa hari di rumah sanak saudara?

"Bukan berarti karena Anda mau jalan-jalan saat musim hujan yang tentunya berhawa dingin, lalu membawa baju tebal sebanyak mungkin, sepatu , dan peralatan lainnya," ujar Helen.

Kalau sekiranya kegiatan traveling Anda bakal banyak dilakukan secara indoor, tak perlu bawa baju tebal banyak. Jangan lupa mengecek perkiraan cuaca untuk menilai curah hujan dan sedingin apa nanti di destinasi traveling Anda itu. 

Jangan pula Anda berandai-andai, seandainya begini atau begitu di sana, sehingga membuat Anda harus membawa barang banyak. "Sekalipun akan pergi ke tempat terpencil, Anda masih bisa membeli atau meminjam keperluan Anda di lokasi tujuan," kata Helen.

Pikirkan Barang Esensial
Saat packing, memang sering kali dipusingkan dengan masalah logistik. Tapi, saat musim hujan atau dingin, kepusingan itu biasanya akan sedikit berkurang karena hampir semua orang tahu apa yang akan dihadapi di lokasi tujuan.

"Pakaian tebal tentu akan lebih banyak dibawa, juga sepatu. Tapi, berhubung barang-barang seperti itu bakal memakan banyak tempat di koper, Anda harus lebih selektif memilih keperluan yang mana yang ingin dibawa," ujar Helen.

Ada baiknya Anda membawa baju yang bisa dipakai berulang-ulang. Begitu juga dengan aksesori, mantel, dan sepatu demi meminimalisir bawaan. Perhitungkan pula fasilitas yang mungkin tersedia di lokasi tujuan. 

Terapkan Metode Mengepak KonMari
Kalau sudah diputuskan barang apa yang hendak Anda bawa traveling, kepak mereka secara efisien. Helen menyarankan untuk memakai metode KonMari dengan cara melipat semua baju lalu menyusunkannya secara vertikal. "Dengan cara ini Anda bisa menghemat tempat di koper dan melihat semua barang yang dibawa," ujar Helen.

Memang butuh latihan untuk melakukannya, tapi cara ini dianggap efektif. Agar dapat melipat baju seperti yang Helen terapkan, gunakan tas berbentuk kotak, seperti halnya koper. 

Bentuk wadah seperti itu bisa membuat barang terorganisasi secara baik. Satukan barang yang sama kategorinya, atau kalau mau melakukan sharing koper, susun barang sesuai nama pemiliknya.

Taruh Kado Pada Tas Khusus Fleksibel
Kalau memang Anda mau membawa kado dalam perjalanan wisata bersama keluarga, boleh-boleh saja. Kado itu bisa diletakkan di bagasi, apalagi kalau isi kado berjenis barang mudah pecah. Jangan sesekali dibawa ke dalam kabin pesawat, sekalipun kado itu kecil.

Kado boleh ditaruh di dalam koper, atau kalau jumlahnya banyak dan ada yang ukurannya sangat besar, letakkan di dalam tas khusus yang lebih fleksibel semisal ransel. Tapi, tetap, letakkan ransel itu di bagasi. 

"Tas seperti ransel mudah dibawa ke mana-mana. Kalau Anda berencana membeli buah tangan, tas ini bisa dipakai untuk mengepak buah tangan itu. Malah saya suka memakai tas ekstra tersebut untuk menaruh jaket tebal saya," kata Helen.

Pilih Jas Hujan yang Ringan
Supaya tidak makan tempat, pilihlah jas hujan yang ringan dan bisa dilipat kecil. Sehingga bisa ditaruh dalam tas punggung atau tas lain yang dipakai saat bepergian. Untuk model jas hujan, cari ukurannya agak besar dari badan agar ada ruang untuk lapisan baju yang kamu pakai. Bagian hoodie atau kupluk juga lebih panjang sedikit dari kepala, Jadi bisa menjaga area wajah.***

SHARE