Menjaga Daya Baterai Saat Liburan Akhir Tahun - Male Indonesia
Menjaga Daya Baterai Saat Liburan Akhir Tahun
MALE ID | Digital Life

Daya tahan baterai setiap ponsel memiliki daya yang berbeda-beda. Tapi saat libur akhir tahun tiba, hampir semua orang ambil cuti untuk menikmati masa-masa liburan.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Nah, saat daya baterai tidak bisa dijaga, tentu momen liburan akhir tahun Anda kurang maksimal. Karena tidak bisa mengambil gambar dan langsung mempostingnya ke media sosial. 

Jika Anda tahu trik untuk menghemat daya baterai saat liburan akhir tahun, tentu Anda tidak akan mengkhatirkan hal ini. Melansir laman Themuse, berikut ini cara menjaga daya baterai ponsel Anda saat liburan akhir tahun.

Atur Aplikasi
Banyak aplikasi yang menyebabkan pemakaian baterai menjadi boros, terutama yang mengandalkan grafis dan audio seperti game. Ingat untuk selalu menutup aplikasi yang tidak digunakan, bukan hanya di-minimize. Selain itu, Anda juga dapat meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

Matikan Notifikasi pada Aplikasi
Mematikan notifikasi pada aplikasi juga akan membawa pengaruh pada daya baterai. Anda tidak harus mematikan semua notifikasi pada aplikasi Anda. Matikan notifikasi pada aplikasi yang paling Anda anggap mengganggu. Anda dapat melakukannya di menu setting setiap aplikasi.

Nyalakan Airplane Mode
Mode Pesawat akan memotong semua sinyal radio telepon Anda, menghentikan email, pesan, panggilan telepon, Wi-Fi, dan koneksi Bluetooth. Hal tersebut yang membuat pemakaian baterai Anda akan bertahan lama.

Turunkan Brightness Layar
Cara yang paling mudah pertama adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Menurunkan brightness dipastikan akan memberikan pengaruh terhadap daya tahan baterai Anda. Caranya dengan buka Settings-Display-Brightness dan turunkan sesuai kebutuhan Anda.

Unduh Aplikasi Penghemat Baterai
Anda dapat mengunduh aplikasi penghemat baterai yang berfungsi untuk memantau kinerja baterai dan mengidentifikasi aplikasi mana yang membuat baterai boros. Beberapa aplikasi penghemat baterai dilengkapi dengan fitur yang membantu Anda mengonfigurasi pengaturan perangkat untuk memaksimalkan masa pakai baterai Anda.

Matikan Layanan GPS
Layanan GPS berfungsi untuk mengetahui lokasi Anda. Mengaktifkan layanan ini membuat ponsel akan terus mengikuti di mana lokasi Anda. Namun, layanan ini akan sangat berguna saat dipakai untuk mencari lokasi yang tidak Anda ketahui. Pastikan GPS Anda mati jika sedang tidak digunakan.

Matikan Koneksi Wifi
Ketika koneksi Wi-Fi Anda dihidupkan, ponsel Anda sedang bekerja mencari hotspot. Meskipun menghubungkan ponsel ke Wi-Fi terdekat bisa menghemat paket data Anda, itu juga membuat baterai Anda cepat habis. Sambungkan koneksi Wifi hanya jika Anda memang membutuhkannya. ***

SHARE