Kondisi Tepat Menolak Tawaran Kerja Perusahaan - Male Indonesia
Kondisi Tepat Menolak Tawaran Kerja Perusahaan
MALE ID | Works

Menolak tawaran kerja saat sedang membutuhkan pekerjaan kadang dianggap sebagai hal yang cukup gila. Padahal, anggapan itu tak selamanya benar.

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Walau Anda lagi butuh pekerjaan, selektif dalam memilih jenis pekerjaan tetap harus Anda lakukan. Tidak semua pekerjaan perlu Anda terima. Berikut alasan mengapa Anda berhak menolak tawaran kerja dari sebuah perusahaan.

Ketika perusahaan punya reputasi buruk

Tawaran pekerjaan sering datang tanpa perlu susah payah melamar. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung senang. Cek dulu reputasi perusahaan tersebut dan lihat bagaimana track record perusahaan selama ini.

Daripada Anda harus bekerja di perusahaan yang kurang jelas, bukankah jauh lebih baik menunggu sedikit lebih lama untuk pekerjaan yang lebih tepat? Jadi, mantap saja kalau mau menolak pekerjaan karena perusahaan tidak bagus.

Kurang komunikasi dengan perusahaan

Pernahkah Anda melamar pekerjaan pada suatu perusahaan yang berbulan-bulan menggantungkan nasib Anda? Misalnya, Anda dijanjikan segera mendapatkan posisi, tetapi perusahaan tak kunjung menghubungi lagi. Andaikan perusahaan mendadak menelepon dan menawari pekerjaan, Anda berhak menolak itu.

Kurangnya komunikasi antara perusahaan dan pelamar dapat membuat seseorang malas bekerja di sana. Bayangkan saja, belum menjadi karyawan saja sudah diabaikan terlalu lama. Apa jadinya kalau Anda resmi berstatus karyawan dan harus berhadapan dengan sistem yang serba tak jelas?

Job desk tidak jelas

Anda juga bisa menolak pekerjaan kalau merasa job desk yang diberikan perusahaan tidak jelas. Bahkan, ada juga perusahaan yang membuat karyawannya multitasking dengan beban kerja terlalu banyak. Sebaiknya Anda tolak tawaran kerja seperti ini daripada menyesal.

Job desk adalah hal yang krusial dalam menentukan pekerjaan. Jangan sampai Anda stres karena itu.

Ketika merasa tertekan saat offering

Terakhir, bagaimana cara perusahaan memberikan Anda penawaran juga patut menjadi perhatian. Anda tidak bisa menerima pekerjaan begitu saja jika mendapat tekanan dari perusahaan. Kalau Anda terintimidasi saat offering, tak perlu ragu untuk menolaknya.

Jika saat penawaran pekerjaan saja suasananya sudah sangat tidak enak, bagaimana bisa nantinya Anda habiskan waktu di perusahaan tersebut. Pertimbangkan faktor ini sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak pekerjaan. [MI]

SHARE