Khasiat Kentang Ungu bagi Kesehatan Anda - Male Indonesia
Khasiat Kentang Ungu bagi Kesehatan Anda
MALE ID | Sex & Health

Kentang ungu atau ubi ungu adalah bahan makanan yang biasa kita jumpai. Namun tak banyak orang menyadari, bahwa makanan ini kerap menjadi bahan makanan pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat.

Photo: wikimedia

Biasanya kentang berwarna ungu ini diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Olahan yang lebih sehat adalah direbus atau dikukus. Kentang ini mempunyai rasa yang sedikit seperti kacang dan earthy ketika sudah dimasak.

Terdapat kandungan kandungan antosianin, antioksidan yang memberikan warna ungu alami pada kentang ungu. Bahkan makanan ini memiliki kandungan serat tinggi, potasium, vitamin B, dan antioksidan empat kali lebih tinggi dari kentang biasa.

Lalu, apa saja manfaat kentang ungu bagi kesehatan pria? Simak ulasan berikut, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.

Mengendalikan tekanan darah

Berdasarkan American Chemical Society, mengonsumsi kentang ungu akan membantu menurunkan tekanan darah. Ini terjadi karena adanya phytochemical yang bernama cholorgenic acid.

Menurunkan efek stres oksidatif

Kentang ungu kaya akan antioksidan polifenol yang disebut antosianin. Senyawa ini memiliki kemampuan melindungi sel dari stres oksidatif. Stres oksidatif ini akan menyebabkan peradangan kronis, kanker, sampai infertilitas pria.

Mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biochemical and Molecular Toxicology menemukan bahwa asam klorogenik bisa menunda akumulasi penggumpalan darah yang bermuara pada penyakit stroke.

Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa komponen senyawa aktif dalam kentang ungu akan menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus.

Mencegah sembelit

Kentang ungu juga mengandung jumlah serat yang tinggi. Serat ini akan membantu mencegah kram pada perut, mual, dan kembung.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan antosianin dalam kentang ungi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Namun di samping itu, kandungan pati dalam kentang ungu menjadi perhatian karena bisa meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung dan obesitas.

Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kentang ungu merupakan makanan tambahan yang berwarna namun sehat bagi Anda yang menjalani program diet karena penuh dengan nutrisi lain. [MI]

SHARE