Kena PHK! Tips Cerdas Memaksimalkan Pesangon Anda - Male Indonesia
Kena PHK! Tips Cerdas Memaksimalkan Pesangon Anda
MALE ID | Works

Male IndonesiaPhoto by Marten Bjork on Unsplash

Menjadi pengalaman yang tidak diduga dan buruk, bagi Anda yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK. Dan efek yang paling dirasakan adalah keuangan Anda yang terputus dan akan menjadi beban baru dalam hidup Anda untuk berpikir keras agar bisa tetap survive untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam kondisi tersebut, jangan panik dan tetap tenang seiring Anda mencoba kembali untuk mencari pengganti karir Anda yang hilang.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan dana yang tersisa, termasuk pemasukan terakhir yang di berikan perusahaan yang PHK Anda.

 Manfaatkan Dana Pesangon dengan Cermat

 Biasanya pesangon dari perusahaan yang mengikuti aturan yang benar, akan membayar Anda dengan dana yang sesuai.  Dan untuk memaksimalkan dengan baik. Anda harus mulai memikirkan dan membagi beberapa hal, seperti

  • Berapa jumlah pengeluran Anda tiap bulan ?
  • Sisa utang
  • Berapa jumlah pesangon ?
  • Tabungan dan dana darurat yang tersisa

Dengan melihat empat hal tersebut, maka Anda bisa lebih teliti untuk memilah pentingnya untuk bisa membagi prioritas diantara keempatnya, sebelumnya Anda mulai memikirkan hal lain.

Mulai Mengatur Kembali Keuangan Anda

Berada di kondisi yang berbeda dari sebelumnya, maka berubah pula budaya konsumtif Anda. Dengan apa yang Anda alami, pesangon yang Anda dapatkan sebisa mungkin dapat menjadi penyelamat di beberapa bulan kedepan sebelum Anda mendapatkan pengganti pekerjaan Anda.  Semakin lama jangka waktu yang didapatkan maka semakin baik.

Utamakan Membayar Utang

Utang untuk segera dibayar harus menjadi prioritas. Jangan sampai dengan kondisi Anda. Pembayaran utang menjadi tidak disiplin yang dampaknya bisa berakibat pada bunga utang yang menumpuk yang bisa mencekik Anda di kemudian hari.

Bila dana yang dimiliki tidak cukup mambayar atau setidaknya mencicil, maka ada baiknya Anda untuk konsultasi dengan pihak kreditur untuk mencari solusi. Apalagi menemukan jalan buntu akan kondisi yang dialami, Anda harus mulai berpikir dan mencari aset mana yang bisa dijual untuk tetap membayar utang Anda.

Mengubah dan Menurunkan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup bisa menjadi penyelamat penting yang bisa memberikan Anda nafas yang panjang hingga mendapatkan pekerjaan yang baru. Kebiasaan yang sebetulnya bisa dialihkan untuk hal yang lebih penting bisa Anda hilangkan untuk sementara, seperti jalan-jalan, makan diluar, hingga pengganti transportasi dan jenis makanan yang Anda konsumsi bisa dilakukan sebagai opsi krusial, bila situasi tidak berjalan mulus.

Dari beberapa poin yang telah disebutkan sebelumnya, pada intinya Anda tidak hanya harus cermat tapi juga jangan pernah putus asa untuk selalu menjadi celah dalam menghemat biaya Anda.

Disaat bersamaan, waktu kosong pasca PHK dapat digunakan untuk mencari pekerjaan baru dan meningkatkan kemampuan lain yang mendukung bidang Anda secara lebih baik.

SHARE