Bisakah Hindari Pekerjaan Menumpuk di Akhir Tahun? - Male Indonesia
Bisakah Hindari Pekerjaan Menumpuk di Akhir Tahun?
MALE ID | Works

Bagi karyawan yang menempati posisi tertentu di perusahaan, akhir tahun bisa menjadi waktu paling sibuk. Pasalnya, ada banyak tugas akhir tahun yang harus diselesaikan. Belum lagi kalau ada tugas menggantikan karyawan lain yang berlibur atau mengajukan cuti akhir tahun. Hal ini sering bikin stres.

Photo by Helloquence on Unsplash

Kalau stres datang, produktivitas pun hilang. Akibatnya, pekerjaan akan stuck. Anda bisa burnout, alias lelah dan jenuh akibat bekerja terlalu lama.

Apabila Anda adalah salah satu karyawan yang sibuk sebelum pergantian tahun, ada beberapa cara agar Anda tidak stres meski pekerjaan menumpuk di akhir tahun.

Prioritaskan pekerjaan

Dengan banyaknya jenis pekerjaan yang menumpuk, Anda tentunya tidak mungkin bisa menyelesaikan semua dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, coba dahulukan pekerjaan mana yang harus diutamakan.

Tapi, kalau Anda belum tahu mana yang harus didahulukan, cobalah bertanya pada atasan atau rekan kerja. Dengan prioritas, Anda akan bekerja lebih teratur sehingga tidak mudah stres.

 
 

Jangan pernah multitasking

Melakukan lebih dari satu pekerjaan bisa mengakibatkan Anda hilang fokus dan konsentrasi. Oleh karenanya, cobalah menyelesaikan pekerjaan satu persatu. Hal ini memang memakan waktu. Namun, Anda punya cukup waktu mempertahankan atau meningkatkan kualitas pekerjaan yang Anda lakukan.

Selain itu, cobalah tetap fokus dengan meninggalkan atau menunda sejenak urusan lain di luar pekerjaan kantor. Salah satunya adalah media sosial.

Fokus pada target

Pekerjaan yang menumpuk di meja kerja akan mudah bikin Anda susah fokus. Cobalah ikuti target yang sudah ditetapkan. Sehingga Anda selalu tahu mana pekerjaan yang harus diselesaikan demi tercapainya target. Anda juga tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

Istirahat juga penting

Meski harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk menjelang pergantian tahun, Anda tidak boleh melupakan istirahat. Dengan beristirahat, badan dan pikiran akan selalu tetap sehat dan segar. Alhasil Anda tidak mudah jenuh atau stres.

Selain itu, sempatkan waktu bersantai dengan teman, rekan kerja atau pasangan. Kalau ada waktu, Anda juga bisa berolahraga.

Di luar poin-poin di atas, Anda bisa mencicil pekerjaan sebelum akhir tahun tiba. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari adanya pekerjaan menumpuk. [MI]

SHARE