Menuju Karier yang Lebih Baik di Tahun 2020 - Male Indonesia
Menuju Karier yang Lebih Baik di Tahun 2020
MALE ID | Works

Apa target karier Anda untuk tahun 2020? Menjelang tahun baru, pasti Anda punya segudang harapan dan mimpi agar bisa menjadi lebih baik di tahun selanjutnya.

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Agar hari-hari di tahun 2020 semakin positif, pastikan Anda punya target karier yang tercantum dalam poin-poin berikut, sebagaimana dikutip dari Job Like Magazine.

Tinggalkan lingkungan kerja toxic

Apakah selama ini Anda bekerja di lingkungan yang cukup ‘beracun’? Kalau iya, pastikan Anda akan keluar dari jeratan negatif lingkungan tersebut. Hal yang bisa Anda lakukan adalah meminimalkan komunikasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan dan cenderung negatif.

Kalau Anda sudah benar-benar tidak betah dan terganggu lingkungan toxic di kantor, tidak ada salahnya Anda memilih resign. Toxic di sini bisa banyak hal. Seperti kebiasaan suka mengeluh dari rekan kerja, jam kerja yang tidak manusiawi, dan drama lainnya.

Speak up, tak sekadar diam

Untuk target karier tahun 2020, belajarlah speak up di kantor. Hentikan kebiasaan memendam pemikiran sendirian tanpa sempat meluapkannya. Beranikan diri untuk lebih banyak berbicara.

Dengan memberanikan diri berbicara, Anda sudah selangkah lebih baik menjadi seorang pekerja. Anda bukan lagi karyawan yang tergolong ikut arus saja. Ingat, menjadi pendiam di kantor bisa berbahaya bagi kelangsungan karier.

Semakin banyak belajar

Selagi masih muda, pelajari banyak hal selama di kantor. Jangan terpaku pada rutinitas pekerjaan semata. Gali kemampuan Anda lebih dalam dengan belajar hal baru untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja.

Mulailah bersikap inisiatif untuk memecahkan suatu masalah karena Anda tidak perlu terus-menerus menunggu komando. Kesadaran mau belajar ini dapat meningkatkan kemampuan Anda dari waktu ke waktu. Jadi, berkarier bukan semata memenuhi kebutuhan.

Targetkan kenaikan jabatan dan gaji

Sudah berapa lama Anda bekerja di kantor? Jika Anda sudah cukup lama loyal pada perusahaan, pastikan punya target untuk promosi. Ini bukan hanya demi mendapatkan gaji lebih baik, melainkan juga menaikkan jenjang karier Anda.

Dengan jabatan yang lebih tinggi, maka percayalah gaji pun akan mengikuti. Anda tentu tidak mau selamanya bekerja dengan gaji yang pas-pasan. Kesejahteraan hidup akan semakin naik seiring tuntutan hidup yang meningkat. [MI]

SHARE